Tujuh Jamaah Calon Haji JCH Peusijuk di Bandar Bireuen

Lainnya130 views

Mabesnews.com l Bireuen – Kerukunan masyarakat Bandar Bireuen Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Rabu ( 24/5 ) Ba’da Insya di Meunasah Kota Bandar Bireuen melaksanakan Peusijuk “ ( Tepungtawar) tujuh Jamaah Calon Haji (JCH) 1444 H / 2023,

Pelaksanaan prosesi peusijuk diawali pengajian membaca Ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan Selawat badar dan sekapur sirih oleh Ketua Kerukunan masyarakat Bandar Bireuen Dr H Muzakkar A. Gani, SH, M. Si sebagai wejangan bagi jamaah calon haji yang berangkat.

Pak Muzakkar mengharapkan kepada jamaah calon haji karena sudah tiba di tanah suci banyaklah beribadah dan disana juga banyak tempat yang Maqbul doa dan gunakan waktu untuk beribadah dan berdoa.

Selain itu jaga kesehatan fisik dan mental untuk mampu melaksanakan rukun dan wajib serta ibadah lainnya selama di tanah suci.

Setelah itu Para JCH yang di ” Peusijuk” sekaligus pelepasan di Meunasah Kota Bandar Bireuen oleh Teungku Haji Muhammad Ishak yang akrab disapa “Abon Cottarom” adalah 7 jamaah dengan rincian 3 laki-laki dan 4 perempuan.

Hadir pada acara peusijuk ratusan masyarakat sekitar, Ketua Kerukunan Masyarakat Bandar Bireuen , Dr H Muzakkar A.Gani, SH, M. Si,yang juga Mantan Wakil dan Bupati Bireuen, Camat Kota Juang, Musni Syahputra, SIP MEcDev , tokoh pendiri Bireuen, H Zainuddin Daud,

Selain itu Keuchik Bandar Bireuen, Adnan Adam, Teungku Imum Bandar Bireuen, Tehngku Marbawi, Teungku Jafar, Aboen Cottarom serta Petuha Peut Geudong Geudong Teungku Ahari dan Teungku Syarifuddin.

Pun demikian tambah Keuchik Nan , prosesi peusijeuk dilakukan terus sebab Peusijuk merupakan tradisi yang masih dipertahankan hingga sekarang dan tujuannya sebagai perwujudan untuk bersyukur kepada Allah.

Abdi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *