Terdapat beberapa data 5.881 Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Lahat, Ini Kata Pj Bupati Lahat

MabesNews.com, Lahat Sabtu, 19 Oktober 2024 – Lahat MCN Dunia Pendidikan adalah pondasi utama dalam membangun masa depan yang lebih baik, namun saat ini pemerintah Kabupaten Lahat masih menghadapi tantangan dalam memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal dalam proses pendidikan.

Kondisi saat ini berdasarkan analis terhadap data survei sosial ekonomi nasional 2022 menunjukkan 4,08 juta anak usia 7-18 tahun di Indonesia tidak sekolah, dimana lebih 2,9 juta adalah remaja usia sekolah menengah atas.

Oleh karena itu, Semenjak kepemimpinan Pj Bupati lahat Imam Pasli S STP MSi Didampingi PLT Dinas Pendidikan lahat Eti Listina melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan anak tidak sekolah sebagai upaya untuk mendata dan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang belum mendapatkan kesempatan untuk bersekolah,Ujar nya

Pj Bupati Lahat Imam Pasli S STP MSI mengungkapkan, demi kemajuan suatu daerah itu sangat dibutuhkan oleh kualitas sumber daya manusia bukan uang tetapi sumber daya dari daerah tersebut dengan kepemimpinan Nya

“Pemerintah sudah mengeluarkan regulasi 12 tahun jadi :

~ 6 tahun di pendidikan dasar (SD),

~ 3 tahun di pendidikan menengah pertama (SMP) dan

~ 3 tahun di pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA)  untuk itu tugas kita mencegah dan menangani anak-anak yang tidak sekolah dan harus mendapatkan hak pendidikannya,” ujarnya, Kamis (17/10).

Terdata, di Kabupaten Lahat saat ini sebanyak 5.881 anak tidak sekolah (ATS) yang tersebar di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat sendiri.

Hal ini Perlu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, tidak memiliki akses layanan, anak penyandang disabilitas, anak jalanan, anak korban penelantaran, anak dalam perkawinan dini, serta anak ekonomi rendah. Dan pengangwasan dari orang tua.

“Oleh karena nya peran pemerintah setempat sangat penting, seperti camat dan kades terkait permasalahan ini, karena lebih tau solusi bagaimana masalah yang terjadi di pemerintahannya, juga berada ditengah masyarakat,” ucap Imam.

Selain itu, Pj Bupati lahat juga mengajak kepada dinas terkait ini dapat berkolaborasi bersama dalam upaya untuk mencegah dan sekaligus menangani anak tidak sekolah. Kepala Bappeda ikut dapat membuat rancangan kedepan nya alternatif kebijakan terkait dengan anak tidak bersekolah.

“Saya mohon kepada kepala dinas pendidikan Sekarang ini Untuk beserta dan jajaran dapat mencari solusi pada permasalahan tersebut sehingga anak-anak dapat mendapatkan pendidik ke jenjang lebih tinggi,” tutur Pj Bupati lahat Imam.pasli SSTP MSi

(Feri)