SPBU  44 544 01 Sari Bahari Kecamatan Buayan Kebumen Melayani Pengangsu, Polres Kebumen Tutup Mata

 

Mafia Solar di SPBU  44 544 01 Sari Bahari Merugikan Negara, Polres Kebumen Tutup Mata. 

MabesNews.com, Kebumen, Lagi – lagi ditemukan mobil modivikasi jenis Box Warna kuning kabin kuning dengan nopol  AA 1585 YD di SPBU  44 544 01 Sari Bahari Kecamatan Buayan Kebumen.

Saat awak media melihat mobil tersebut sedang belanja solar subsidi dan supir tengah asyik ngobrol dengan Operator terkesan sangat akrab dan familiar, patut diduga kegiatan mengangsu solar sudah biasa terjadi.

 

Operator saat ditanya oleh awak media tidak menjawab dan menghindar. Tentu hal ini menjadikan keprihatinan bagi pemerhati kebijakan Suroto Anto Saputro yang menjabat sebagai Ketua DPW SWI Jateng ” Solar subsidi yang keperuntukannya adalah meringankan oprasional organda sehingga harga kebutuhan pokok tidak terdampak dengan kebutuhan BBM, tapi pada kenyataanya malah solar subsidi  di mafaatkan oleh Mafia solar untuk kepentingannya pribadi,” jelasnya.

 

 

” Hal ini sudah berlangsung lama di Kabupaten Kebumen lalu kemana peran Polres Kebumen dalam penegakan hukumnya. Dengan kejadian ini patut diduga APH sudah dikondisikan sehingga terkesan tutup mata,” imbuhnya.

 

Kegiatan ngangsu solar subsidi di SPBU merupakan tindak pidana berat yaitu  tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan dan / atau niaga bahan bakar minyak, yang disubsidi pemerintah. Yakni Pasal 40 angka 9 UU RI No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah Pasal 55 UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi Jo Pasal 55 KUHPidana  dan UU No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi Pasal 55 Setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak bersubsidi Pemerintah dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp. 60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah)

 

Padahal sangat jelas PT. Pertamina  (Persero) akan menindak SPBU yang berani menyelewengkan  BBM bersubsidi tersebut, dengan cara  memberikan sanksi secara langsung berupa penghentian pasokan hingga ke tahap penutupan SPBU, bahkan meminta kepada masyarakat ikut mengawasinya atau melaporkan ke Aparat Penegak Hukum apabila mendapati penyelewengan tersebut.

 

Hingga berita ini diturunkan, Awak media akan terus mamantau dan mendorong Polres Kebumen dan SBM Pertamina untuk menindak tegas para mafia solar yang sangat merugikan negara.

 

Winna