SMP N 3 KOTA CIREBON ADAKAN ACARA PESONA PURNAWIYATA SEBELUM ACARA PELEPASAN KELULUSAN SISWA KELAS 9

Lainnya129 views

MabesNews.com | Cirebon – Nampak siswa siswi SMP N 3 Kota Cirebon khususnya anak kelas 9 dan semua Civitas akademik , SMP N 3 Kota Cirebon sedang ceria bergembira dan lagi senang. Terlihat di acara PESONA PURNA WIYATA yang di adakan di Convention Hall Hotel ZAMRUD jalan Wahidin kota Cirebon pada Selasa (23/5) , Acara Purnawiyata ini di adakan sebagai wujud syukur dan terima kasih sebelum nanti kan kembali pihak sekolah mengadakan Perpisahan kelas 9nya mengumpulkan orangtua siswa kelas 9 mendatang. Yang datang di diwakilkan cukup orangtuanya saja yang diundang.” Menurut Ali. Selaku penanggung jawab acara dan juga sebagai Wakasek Kesiswaan di SMP N 3 kota Cirebon. Menerangkannya pada wartawan . Saat liput Acara Purnawiyata bagi anak anak kelas 9 di Hotel Zamrud .

 

Purnawiyata di artikan Purna itu telah selesai , wiyata menuntut Ilmu jadi telah selesainya anak dalam pembelajaran di sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama dalam menuntut ilmu disekolah dan kini kita kembalikan lagi pada orangtuanya, menurut bapa Ali kembali menjelaskan .

Acara ini dilihat memang seremonial, namun penuh dengan syarat makna mendalam. Suatu acara yang digelar dan digagas , oleh SMP N 3 Kota Cirebon tidak ada di sekolah lain , langsung bikin acaranya. Tidak seperti sekolah lain acara Pelepasan Siswa kelas 9 nya saja . Bertempat di Convention Hall Hotel ZAMRUD di jalan Wahidin Kota Cirebon adalah ke 4 kalinya di gelar di sini.

Prosesi Purnawiyata di gelar.

Pada Selasa (23/5) dengan dibuka parade bendera warna warni dan tarian adat , sangat meriah di awali acaranya pembukaan dengan berjalannya pasangan siswa siswi sebanyak 5 pasang ditangannya seuntai bunga aneka warna di balut plastik , berbentuk parcel karangan bunga untuk diserahkan pada orangtuanya yang sudah berada di atas podium / panggung. Mereka jalan perlahan menuju podim depan yang hadir , dimana di atas podium telah menanti perwakilan orangtua mereka, sebanyak 5 orangtua berpasangan, bapak dan ibu duduk di kursi masing masing . Menanti kedatangan sang anak yang dicintainya , begitu datang di sambut dengan sukacita dan haru, anak anak mereka pun sembah sungkem dan memeluk orangtua nya. karena hari ini mereka sedang Purnawiyata. anak anak ini telah menyelesaikan pendidikannya ditingkat Sekolah Menengah Pertama, Dengan penuh khidmat dan suasanapun ikut terhanyut pada terdiam dan hanya betul betul menyaksikan apa yang terjadi di depan mereka. Dari berpelukan antara anak dan orangtua . Dilanjut dengan guru gurunya mereka, sampai pada sembah sungkem mencium tangan orangtua dan guru / walikelas. dilakukan anak anak pada ini diartikan sebagai rasa berbhakti anak pada orangtua dan guru guru mereka, rasa hormat dijunjung tinggi Disini. Sambil dipeluk erat sang anak pada turun dari podium sesudah acara pokok yang hadir ditontonkan pada slide dua layar Lebar vidio aktivitas anak anak ketika disekolah serta prestasi prestasi hasil apa yang mereka lakukan berkarya untuk sekolah . Ini dilakukan untuk mengingat kembali . Telah selesai pengorbanan orangtua. Untuk didik anaknya bersekolah. Di SMP. Kepada Guru gurunyapun mereka tak melupakan , anak Maka apa yang sudah dilakukannya akan menjadi kenangan terindah, memberi.

Dilanjut setelah prosesi acara pokok dilanjut dengan beramah tamah dan pemberian reward atau penghargaan pada siswa siswi yang lulus dan berprestasi dibidangnya, berupa bingkisan kado diterima beberapa anak diberikan oleh pihak sekolah yang diberikan oleh wali kelas dan kepala sekolahnya yakni ibu Hj. Ade Rukmini. SPd. MPd.I serahkan sesuatu pada siswa siswi yang berprestasi .

Acara Pesona PurnaWiyata, yakni acara adat sekolah SMP N 3 Kota Cirebon, yang sebetulnya bukan kali ini saja digelar , ketika anak didiknya ini telah menyelesaikan pendidikannya hingga ke tingkat kelas 9. Dan telah menempuh ujian akhir sekolah selama di kelas 9 nya mereka di didik disekolah tuk menjadi seorang yang siap , kedepan dan bisa lepas mandiri sendiri beranjak dewasa. Tidak selalu berpangku pada orangtua nya dan selanjutnya akan meneruskan ke tingkat SMAnya. Sebelum anak anak kelas 9 ini dilepas. Ada adat yang biasa dilakukan yakni menggelar acara Purna Wiyata , adat yang tuk saling berterima kasih saling menghargai , antara anak dengan orangtua, anak dengan guru guru, begitupun antara orangtua dengan pihak sekolah. Digambarkan. Ini di adakan untuk supaya ada tali asih, pengingat ingat, juga ber terima kasih, serta tidak melupakan atas jasa jasa orangtua dan guru selama ini . Sebagai ungkapan terima kasih , kata Ali kembali di adakan seperti ini bagi anak didik yang duduk dikelas 9. Ali, selaku ketua panitia acara PURNAWIYATA dan juga sebagai Wakasek Kesiswaan di SMP N. 3 nya bersyukur ini bisa terlaksana dan berterimakasih kepada semuanya yang telah mendukung dan berpartisipasi di acara ini. Katanya di akhir penyampaiannya pada wartawan. ( Rico )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *