SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, Wujudkan Lulusan Yang Islami dan Kompeten

MabesNews.com, Jakarta – Salah satu Organisasi Islam yang tersebar di seluruh Indonesia, adalah Organisasi Muhammadiyah.

Meski berstatus Organisasi Islam, berdirinya Muhammadiyah bermula dari Gerakan Pendidikan, yang dirintis oleh pendirinya yaitu KH Ahmad Dahlan.

Salah satu peran Muhammadiyah di bidang Pendidikan di Indonesia adalah, mendirikan Lembaga Pendidikan yang berpegang pada Nilai Nilai Islam.

 

Saat ini, Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, baik dalam bentuk sekolah, Madrasah, pesantren dan Perguruan Tinggi, telah tersebar di 34 Propinsi Diseluruh Indonesia, dengan jumlah lembaga pendidikan telah mencapai 3.334 dalam berbagai jenjang. (Sumber dikdasmen Muhammadiyah).

Ada 3 Fungsi dari Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, yakni Fungsi Pendidikan, Fungsi Dakwah dan Fungsi Pengkaderan, sementara ciri dari sekolah Muhammadiyah tersebut yaitu, adanya Pendidikan Al-Islam, Tata kelola Pendidikannya dengan Model Kepemimpinan Kolektif-Kolegial, Adanya Kader Muhammadiyah sebagai penggerak dan adanya keterlibatan masyarakat serta orang tua dalam Pendidikan tersebut.

Diantara sekian banyak Sekolah dibawah naungan Muhammadiyah, kali ini, Abdul Rosad S.Pd Koordinator Liputan Nasional Media Mabes News.Com, mengajak para pembaca, untuk Mengetahui dari dekat, Aktivitas dan Kreativitas Siswa, yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, yang berlokasi di Jalan Garuda No 339 RT 09 RW 04 Gunung Sahari Selatan Kecamatan Kemayoran Kota Jakarta Pusat.

 

Kunjungan Media MabesNews.com ini, diterima langsung oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Jakarta Febriantoni.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban, Toni panggilan akrabnya, menceritakan berbagai Aktivitas kegiatan KBM maupun kegiatan Ekstrakurikuler di sekolah yang dipimpinnya tersebut.

Menurut keterangan Toni, Untuk tahun ajaran 2024/2025, siswa disekolahnya berjumlah 790 orang, dengan jumlah ruang belajar sebanyak 12, dan didukung oleh 38 orang Tenaga Pendidik.

” SMK Muhammadiyah 1 Jakarta ini berdiri ditahun 1975, dan saat ini sekolah kita berakreditasi “A”, dengan tiga jurusan yakni

Tehnik Otomotif, Listrik dan Tehnik Komputer Jaringan ” ujar Toni.

Dia juga menjelaskan, Tujuan utama dari Pendidikan disekolah Menengah Kejuruan, adalah membentuk setiap lulusan, agar siap masuk kedalam dunia kerja, dipekerjakan atau juga bisa sebagai wiraswasta.

” Di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta ini, kita para Guru berusaha, untuk mewujudkan siswa yang handal, terampil dan Profesional, sehingga mampu bersaing di era Globalisasi ini ” katanya.

Disisi lain, Toni juga menjelaskan, didalam kegiatan Belajar Mengajar, mereka melaksanakan Pendidikan Kejuruan Tekhnologi dan Industri, bercirikan Islami, secara Efektif dan Efisien

“Kita ini sekolah bernuansa Islam, jadi bentuk pendidikannya juga bercirikan Islam, sebagai contohnya, disekolah kita ada Mata pelajaran (Mapel) tambahan diluar Kurikulum yang ditetapkan oleh Pemerintah, yakni Mapel Ke- Muhamadiyahan, Mapel Ismuba, Mapel Al-Islam, Mapel Bahasa Arab, Mapel Alquran Hadist, juga Mata Pelajaran Bimbingan Membaca Alquran ” Jelasnya.

SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, memiliki Kelas Industri disetiap jurusan, dan untuk PKL bagi siswa kelas 12, dilaksanakan lebih kurang 10 bulan lamanya.

” Untuk PKL bagi siswa kelas 12 dilaksanakan dari Bulan Juli sampai dengan bulan Mei, dan Siswa tidak melaksanakan pembelajaran didalam kelas, melainkan langsung praktek Kerja lapangan ” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, Sekolah yang dipimpinnya tersebut, telah melakukan MoU dengan 90 Perusahaan, yang dijadikan Mitra untuk lokasi PKL para siswanya.

” Disekolah kita ini, siswa tidak perlu capek capek mencari lokasi untuk PKL, sebab pihak sekolah telah menyediakannya ” jelas Toni.

Berbicara tentang Kegiatan Ekskul, SMK Muhammadiyah 1 Jakarta ini, ternyata memiliki 16 Aktivitas Ekstrakurikuler, diantaranya ada Ekskul Wajib yaitu Hizbul Wathan dan Tapak Suci, sementara untuk Ekskul pilihan diantaranya, ada kegiatan Futsal, Paskibra, PMR, Renang, Bulutangkis, Robotik ,Tahfiz Qur’an, dan masih banyak lagi yang lainnya.

” Sekolah kita memberikan aktivitas kegiatan dan ketrampilan yang terbaik untuk para siswa, kita juga punya Ekskul Kesenian, yang mengkolaborasikan alat musik perkusi dengan Angklung, lain dari itu di bulan Agustus ini juga, satu orang Siswa kita, akan mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa bidang otomotif di Propinsi Lampung sebagai wakil dari Propinsi DKI Jakarta ” katanya.

Di akhir pembicaraan, Toni menyampaikan Harapannya, yakni terbentuknya Karakter Islami, bagi Lulusan SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, dan empat tahun kedepan, diharapkan siswa, telah bekerja sebelum terima Ijazah.

” Salah satu Program kami yaitu, dalam empat tahun kedepan, sudah tidak ada lagi siswa lulusan SMA Muhammadiyah 1 Jakarta yang sulit mendapatkan pekerjaan, diharapkan mereka sudah bekerja sebelum terima Ijazah ” ungkapnya.

 

 

Abdul Rosad