Punguan Sitohang Dohot Boruna Se-Indonesia Menggelar Rakernas Yang Pertama Di Gedung Toton Baho

Pemerintah239 views

MabesNews.com, Bekasi – Punguan Sitohang Dohot Boruna se-Indonesia Menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang pertama kalinya diadakan Gedung Toton Baho, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada hari Minggu 24/3/2024.

Sebelum acara Rakernas Punguan Sitohang Dohot Boruna dimulai, acara tersebut diawali dengan Ibadah dan Kebaktian yang di bawakan langsung oleh bapak Pdt. Jonas Sitohang dalam menyampaikan firman yang di ambil dari Kolese 3:14, “ Dan Di Atas Semuanya itu: Kenakanlah Kasih, Sebagai Pengikat Yang Mempersatukan dan Menyempurnakan”.

Selanjutnya, Pdt. Jonas Sitohang juga menyampaikan kotbah yang mencerahkan bagi seluruh Peserta yang hadir. “Kasih itu menjadi keteladanan hidup bagi keluarga Besar Sitohang, Kasih (Holong) juga mengikat keluarga Besar Sitohang karena Kasih itu berasal dari Tuhan. Kasih (Holong) harus tetap bersemanyam di hati semua keluarga Besar Sitohang” papar Pdt Jonas.

Dalam acara Rakernas Punguan Sitohang Dohot Boruna se-Indonesia yang hadir diperkirakan Kurang lebih 250 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk para pengurus pusat, pengurus daerah, dan anggota Sitohang yang mengusung tema “ Dalam Kasih Yang Mempersatukan Pomparan Ompu Pangaribuan Sitohang”.

Usai Ibadah Kebaktian, acara dilanjutkan opening ceremony dan Upacara Nasional yang dimulai penampilan Naposo (muda/I Sitohang) se-JABODETABEK. Pelantikan Pengurus DPW Surabaya Raya Tahun 2024-2029, Pelantikan LBH dan Pelantikan Wakil Sekjend juga dilaksanakan sebelum Rakernas I PSB.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana (OC) Tonny Sitohang SE MM, menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan Rakernas I masih ada kekurangan, namun dia yakin panitia pelaksana akan memberikan yang terbaik kepada Keluarga Besar Sitohang. “ Kami akan memberikan yang terbaik demi kemajuan Keluarga Besar Sitohang” ujar Tonny Sitohang.

Sementara Ketua Umum Punguan Sitohang Dohot Boruna, Ir Mudaman Sitohang dalam sambutannya menyampaikan bahwa seiring perkembangan zaman yang maju, arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan keturunan Sitohang yang semakin berkembang, maka PSB harus bisa mengantisipasi dengan menjaga keutuhan dan merawat persatuan PSB. “Perkembangan jaman dan teknologi, jangan memudarkan bahkan kita harus semakin utuh dan maju “ ucap Ir Mudaman Sitohang berapi-api.

Pembina DPP PSB Indonesia, Irjend Pol (Purn) Ricky HP Sitohang,SH,MH pada juga menyampaikan dalam sambutannya, menekankan bahwa jangan ada sekat-sekat yang menjadi tembok pemisah di Sitohang. Sekat itu katanya, akan membawa kemunduran Sitohang. “Kita harus berdiri sama tinggi, duduk sama rendah” tegas Irjend Pol (Purn) Ir Ricky Sitohang.

Selanjutnya, Dia juga mengapresiasi munculnya generasi muda Sitohang yang mau terjun dan tidak kenal lelah untuk memajukan punguan Sitohang.

Dikatakannya, ada beberapa inovasi dan terobosan yang dilakukan dengan luar biasa, antara lain ; Renovasi dan Inovasi Tugu Sitohang di Urat Samosir, Pengembangan DPW Seluruh Indonesia seperti Kalimantan,Kepri, Sumatera Utara, dan DPW baru Surabaya Raya dan rencana dalam waktu dekat akan di bebtuk pengembangan DPW di daerah-daerah lain yang belum ada.

 

Rakernas I PSB Se-Indonesia ini dibuka secara resmi yang di awali dengan pemukulan Tagading Batak dan dilanjutkan Sidang Pleno I.

Selanjutnya, Ketua Umum dan Pembina Punguan Sitohang Dohot Boruna memberikan penghargaan kepada Dr. Drs. Bangun Sitohang M.M, Brigjen (Marinir) Samson Sitohang Sip. M.M, Jastro Sitohang S.Com, Jansen Sitohang, Maria Lince Sitohang S.H.,M.M.,CBA, sebagai Narsum yang memberikan motivasi kepada Punguan Sitohang terutama kepada anak-anak muda Sitohang.

Dari beberapa daerah yang hadir di acara Rakernas ini, baik Pengurus DPC dan DPW sangat senang dengan terlaksananya Rakernas yang pertama ini. Dengan bentuk semangat, seluruh yang hadir memberikan yel-yel “ Sitohang Jaya, Sitohang Maju, Sitohang Sukses”.

Dan diakhir acara Ketua Penasehat Op. Noa memberikan penghargaan kepada Irjend Pol (Purn) Ricky HP Sitohang,SH,MH sebagai bentuk ucapan terima kasih yang sudah 14 tahun membina Punguan Sitohang Dohot Boruna.

 

 

(Raimon R)