Pohon Tumbang Akibatkan Kemacetan Panjang di Bone, Tim Reaksi Cepat BPBD Lakukan Evakuasi

MabesNews.com.BONE, – Telah terjadi musibah, pohon tumbang pada hari Minggu, 4 Agustus 2024, pukul 18.40 WITA di Kelurahan Mattiro Walie, Kecamatan Tanete Riattang Barat, yang menyebabkan akses jalan poros tertutup. Kejadian ini menyebabkan kemacetan panjang karena jalan tersebut merupakan akses utama dari Wajo dan Bone sebaliknya.

Pohon kalimbajo/berujawa dengan diameter 180 cm tumbang melintang di jalan dan memutus kabel PLN serta kabel Telkom. Akibat kejadian tersebut, satu unit mobil Avanza warna merah marun milik Wahab (Wakapolsek Cina) tertimpa pohon, namun beruntung tidak ada korban jiwa.

Setelah menerima laporan, pihak penanggulangan bencana segera mengkoordinasikan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk meluncur menuju lokasi kejadian. TRC melakukan asesmen, pemotongan pohon, pembersihan material, dan dokumentasi. Mereka dibantu oleh warga serta seorang pengendara yang mahir menggunakan mesin senso, juga beberapa gabungan dari pihak TNI, Brimob, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran untuk menangani api yang menyala akibat batang pohon tersebut. Menurut salah seorang warga, Sabaruddin, api kemungkinan disebabkan oleh pembakaran. Kabel listrik yang terputus ditangani oleh teknisi dari PLN dan Telkom.

Setelah pembersihan selesai, arus lalu lintas berangsur normal. Kepada masyarakat yang melintas di jalan tersebut, diimbau untuk berhati-hati dan waspada apabila terjadi hujan dan angin kencang agar tidak mengalami kerugian benda dan jiwa apabila terjadi bencana. TRC juga melaporkan kejadian ini kepada instansi terkait untuk melakukan perempesan terhadap pohon yang berpotensi tumbang agar tidak membahayakan masyarakat sekitar.