Pj. Ketua TP PKK Aceh, Pantau Langsung Progres Kampung Gammawar Damar Mulyo Kecamatan Atu Lintang

Pemerintah109 views

MabesNews.com,Takengon – Perdana kunjungi Kampung Damar Mulyo, Ketua TP PKK Aceh, Ny. Ayu Marzuki, Acungi Jempol, Upaya semua pihak dalam mewujudkan Kampung Damar Mulyo Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah sebagai Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) tahun 2023.

Kunjungan yang didampingi langsung oleh, Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T Mirzuan, didampingi Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan tersebut, merupakan kunjungan dalam rangka pembinaan, monitoring dan evaluasi tersebut, merupakan pemenuhan syarat dalam penilaian Kegiatan Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) TP PKK di 23 Kabupaten/Kota, sebagai program kerja TP PKK Aceh.

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh Ny. Ayu Candra Febiola Marzuki, dalam Arahan dan bimbingannya menyampaikan, Gampong Gammawar sendiri merupakan salah satu gampong binaan PKK yang menjalankan 10 program pokok PKK secara terpadu yang dilaksanakan oleh sekretariat dan masing-masing pokja.

Diantaranya seperti menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan program pokok penghayatan dan pengamalan pancasila dan gotong royong, selain itu kegiatan yang berkaitan dengan program pokok pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, kegiatan berkaitan dengan pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga serta kegiatan berkaitan dengan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Hari ini Saya hadir bersama Tim Pembinaan TP PKK Aceh, untuk memastikan 10 program pokok PKK berjalan di desa Damar Mulyo Kecamatan Atu Lintang, Aceh Tengah ini, yang mana Desa ini sudah di tunjuk sebagai desa Gammawar”, Ujar Ketua TP PKK Aceh, Ny. Ayu Marzuki, membuka Arahan dan bimbingannya, Kamis (27/07/2023).

Ditambahkannya, penunjukan Desa Damar Mulyo sebagai Desa Gammawar oleh TP PKK Aceh karena kondisi nya memiliki anak stunting paling banyak di Kabupaten Aceh Tengah, Karenanya diharapkan dengan menjadikan Desa Gammawar, perhatian semua elemen tertuju pada desa tersebut, sehingga berbagai permasalahan yang menyebabkan Stunting dapat segera teratasi.

“PKK dan Posyandu adalah ujung tombak terbaik dalam penanganan stunting, utamanya karena PKK adalah mitra Pemerintah yang memiliki kekuatan dengan adanya Bidang dan Pokja yang memang berhubungan dengan penanganan stunting ini, jadi manfaat kehadiran kami ini, untuk bertanya terkait upaya mewujudkan harapan kita bersama memeragi Stunting khususnya di Kabupaten Aceh Tengah”, Imbuhnya.

Sebelumnya, dalam Sambutan dan Laporan Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan, menyampaikan, bahwa selama dilakukan pembinaan di Kampung Damar mulyo Kecamatan Atu Lintang sebagai Kampung Gammawar 2023 memang masih ditemukan kendala.

“Salahsatunya karena adanya perubahan pada pola pembinaan, jika sebelumnya hanya fokus pada menjalankan 10 Program Pokok PKK, namun saat ini kita fokus pada penanganan fan penurunan angka stunting serta menjalankan program terkait pola asuh anak’, Ungkapnya.

“Dan dapat Kami sampaikan, bahwa besar harapan Kami semua upaya, pembinaan yang telah Kami lakukan, bukan semata-mata hanya menjadikan Kampung Damar Mulyo sebagai Kampung Gammawar saja, namun semoga ada progres menjadi lebih baik khususnya dalam penanganan dan penurunan angka Stunting nya”, Harap Novita Mirzuan, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam kesempatan yang turut dihadiri oleh, Camat Atu Lintang Iwan Kenangan, S.IP, M.Sc, dan Jajaran Unsur Forkopimcam Kecamatan Atu Lintang, Reje Damar Mulyo, Ketua TP PKK Kecamatan, Kampung beserta seluruh Anggota tersebut, masyarakat sekitar dan juga tamu undangan lainya, Ketua TP PKK Aceh menyerahkan cenderamata kepada Ketua TP PKK Kampung Damar Mulyo sebagai penyemangat mewujudkan Damar Mulyo sebagai Nominasi Kampung Gammawar Tingkat Aceh tahun 2023. (Deli kumar)