Pj Bupati Bireuen Harus Exsis Jemput Program Kegiatan Ke Kementerian/Lembaga di Jakarta Demi Kemajuan Daerah

Pemerintah186 views

MabesNews.com lBireuen, -Pj Bupati Bireuen Dalam rangkaian kinerjanya demi untuk ‘ Memajukan Kabupaten Bireuen, ” perlu menjemput progam kegiatan di Kementrian dan ke lembaga di pusat ( Jakarta)

Pj Bupati Bireuen Dr Aulia Sofyan, Ph.D kepada media ini menyebut, dirinya seusai lebaran ( April – Mai 2023 ) kegiatannya sangat padat diluar Daerah .

Menurutnya hal itu dilakukan dalam upaya
menjemput program kegiatan di Pemerintahan Pusat (Kementerian atau Lembaga) untuk kemajuan Kabupaten Bireuen.

” Saya sebelum dilantik menjadi Pj. Bupati Bireuen adalah Kepala Biro Organisasi dan Perencanaan Setjen DPR RI, sehingga banyak peluang untuk membawa pulang Program kegiatan di Kementrian untuk Pemerintah Kabupaten Bireuen .” Ungkapnya seraya menyebut hal itu tidak terlepas pula dukungan dari Kepala Dinas untuk menyiapkan usulan program yang di tuangkan dalam bentuk Proposal.

Apapun persoalan semua itu harus jemput bola dan bila tidak kita lakukan kita hanya memiliki Anggaran yang terbatas melalui APBK.

Berapa Program/kegiatan yang saat ini kita usulkan ke Pemerintah Pusat antara lain :
1. Rumah Sakit type D Peusangan Raya
berkenaan dengan telah resminya atau ditetapkan rumah sakit type D Peusangan Raya Bireuen, kita juga sedang melobi Kemenkes agar bisa membantu anggaran bagi rumah sakit type D Peusangan raya yang belum bisa operasional karena belum ada ruang operasi dan peralatan lainnya .

Untuk maksimal operasional kita butuh anggaran sekitar 50 milyar lagi. Dan bila ini berhasil/terkabulkan di akhir tahun ini Rumah Sakit Peusangan Raya kita keluarkan Izin operasional bisa beroperasi layaknya rumah sakit lain.

2. Prodi Kedokteran Universitas Almuslim
saat ini kita sedang berkoordinasi dengan Kemenko soal ijin prodi kedokteran universitas Almuslim sesuai arahan pak Menko Muhajir

Progres prodi kedokteran Alhamdulillah mulus sejauh ini dimana sudah ada rumah sakit yang bisa kita kerjasamakan dan universitas penampung yaitu USK. tinggal rekomendasi dari Kopertiis dan ijin dari Dikti, .

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan politis sangat kita harapkan dari anggota Dewan baik di Daerah dan Pusat. Seperti Pak Anwar Idris dan Bu’ Eliza serta H Ruslan Daud akan membantu progres tersebut.

Untuk saat ini tambah Pak Aulia, Pak Menko menunggu kelengkapan dokumen yang diperkirakan akhir bulan ini lengkap sesuai konfirmasi Rektor Almuslim Dr Marwan, M. Pd

Kita sangat mengharapkan bantuan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran nanti.

Dan kita mengupayakan ada bantuan dari pemerintah Jerman nantinya dan Pemda Bireuen akan membantu mencari lahan bagi gedung fakultas kedokteran itu.

Kita harus bergerak cepat agar tahun depan universitas Almuslim sudah bisa menerima mahasiswa kedokteran baru. Semoga ini menjadi terobosan untuk masyarakat Bireuen

3. Pengguna Dana Desa
Program terobosan lain mengalihkan Dana Desa dari Bimtek ke pembinaan generasi muda gampong sehingga pemuda Gampong menjadi generasi muda yang jauh dari perbuatan yang meyimpang dan membuka lapangan kerja sendiri .

Dalam kaitan tersebut Bupati Bireuen Dr Aulia mengharabkan setiap Gampong ada satu produk atau Inovasi yang menjadi andalan dan menjadi pembangkit ekonomi masyarakat gampong.

Sebagai contoh di Gampong Raya dan beberapa Gampong lainnya Peusangan yang .menghasilakn boh giri dan di Cotbatee Semangka yang menjadi andalan ekonomi gampong,

Ke depan kita juga akan kerjasama dengan BAPANAS dan TNI untuk menjaga ketahanan pangan seperti menanam jagung.

4. Di bidang Pendidikan.
Bireun harus menjunjung tinggi penerapan syariat Islam dan memberikan pendidikan yang baik harus mengutamakan pendidikan agama.
Kita sudah meminta kadis pendidikan agar setiap anak didik yang masuk SMP harus bisa baca Al Qur’an dan yang bersangkutan berkomitmen tidak akan meninggalkan shalat.

Dukungan dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan yaitu melalui cabang dinas pendidikan Bireuen untuk penjajakan dan membuka beberapa kelas unggul baik skema boarding atau asrama maupun tidak. Sebagai contoh kita akan meniru sistem di fajar harapan atau modal bangsa di Banda Aceh

Disebutkan,dirjnya selaku Kepala Daerah memang sekarang harus banyak di Jakarta sebelum pembahasan anggaran APBN perubahan dan memang waktunya melakukan pertemuan atau rapat ke kementerian dan lembaga dalam rangka menggolkan proposal proposal yang kita ajukan terutama di bidang kesehatan pendidikan pertanian dan rehab rekon pasca bencana banjir beberapa waktu lalu BNPB.

Terkait dengan roda Pemerintahan Kabupaten Bireuen Kita selalu berkoordinasi dengan Para kadis, Camat dan Pejabat Eselon lainnya dalam menjalankan roda pemerintahan di kabupaten. Da birokrasi tetap jalan

PJ Bupat menjelaskan bahwa h al hal yang bersifat teknis para pihak bisa langsung disampaikan ke camat atau kadis dan mereka akan laporkan ke Bupati bila membutuhkan kebijakan lebih lanjut.

Disamping itu kami seluruh jajaran pemerintahan di Bireuen mengucapkan terimakasih atas kritikan dan masukannya.yang sifatnya membangun bukannya fitnah.

Mari sama sama membangun Bireun dan Semoga kabupaten Bireuen lebih gemilang ke depannya, sesuai
Moto Kabupaten Bireuen,
Gemilang Datang Padamu Bila Tekad Kukuh Terpadu. (Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *