Pimpin Rapat Lokakarya Bulanan, Pj. Bupati : Peran Dan Dukungan Lintas Sektor Sangat Mempengaruhi Percepatan Penurunan Stunting

Pemerintah167 views

 

MabesNews.com,Takengon – Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, maka perlu dilakukan percepatan penurunan stunting.

Untuk diketahui persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional, dan Kabupaten Aceh Tengah menjadi salah satu Kabupaten prioritas, dari 100 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Berkaitan hal tersebut Pemkab Aceh Tengah melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar Rapat Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor pada Kamis (21/09/2023).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT tersebut berlokasi di UPTD Puskesmas Linge, Kecamatan linge.

Pada kesempatan itu Mirzuan menyampaikan pihaknya terus-menerus melakukan berbagai upaya dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Aceh Tengah, salah satunya dengan kegiatan rapat ini.

Dikatakannya, pemerintah menetapkan sasaran spesifik pencegahan stunting bagi remaja, calon pasangan usia subur/calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu dengan anak usia 0-59 bulan.

“Orang tua maupun calon orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin. Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu”, terang Mirzuan.

“Hal ini sesuai dengan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting atau yang lebih dikenal dengan RAN-PASTI sesuai Perpres 72 tahun 2021, yang di antaranya adalah melalui pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu dan bayi sejak 1000 hari awal kehidupan, ketersediaan air bersih dan sanitasi yang layak serta memenuhi kebersihan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Mirzuan menegaskan penanggulangan stunting menjadi tugas besar kita bersama dari mulai unit organisasi terkecil yaitu keluarga, sampai dengan lingkup yang lebih makro yaitu pemerintah maupun stakeholder lainnya.
“Penanggulangan stunting adalah tugas kita bersama. Mari kita sukseskan usaha percepatan penurunan stunting di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Tengah tercinta kita ini. Tentunya peran dan dukungan lintas sektor sangat mempengaruhi percepatan penurunan stunting”. Tegas Mirzuan. (Dk)