Pamatwil Polda Lampung Lakukan Pengecekan dan Monitoring Pelaksanaan Pengamanan Pilkada 2024 di Lampung Tengah

MabesNews.Com – LAMPUNG TENGAH |

Dalam rangka Operasi Mantap Praja Krakatau 2024, Pamatwil Polda Lampung melaksanakan pengecekan dan monitoring terhadap pengamanan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan Gakkumdu di Kabupaten Lampung Tengah. Selasa (15/10/24) siang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pengecekan dipimpin oleh Dir Pam Obvit Polda Lampung, Kombes Pol. Berian Benteng, S.I.K didampingi dengan Kabid TIK, Kombes Pol. Syaiful W, S.I.K., M.H dan Kabid Humas, Kombes Pol. Umi Fadilah Astutik, S.Sos., S.I.K., M.Si.

Turut hadir mendampingi Tim Pamatwil Polda Lampung yakni Wakapolres Lampung Tengah Kompol Juli Sundara, S.Pd dan Perwira Polres Lampung Tengah.

Dalam pengecekan tersebut, Dir Pam Obvit Polda Lampung, Kombes Pol. Berian Benteng mengingatkan pentingnya sinergi antar Instansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan.

Ia menegaskan bahwa pengamanan Pilkada merupakan tanggung jawab bersama.

“Keamanan adalah prioritas utama. Kita harus bekerja sama untuk mengantisipasi potensi gangguan yang mungkin timbul dan memastikan seluruh rangkaian Pilkada 2024 ini berjalan aman, tertib dan lancar,” ujarnya.

Kombes Pol. Berian Benteng juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada jajaran Kepolisian dan pihak terkait lainnya.

Pertama, perlunya meningkatkan kesiapsiagaan anggota di lapangan, terutama di lokasi-lokasi rawan.

Kedua, pentingnya komunikasi yang efektif antara petugas keamanan, panitia pemilihan, dan masyarakat.

Ketiga, penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses demokrasi.

Monitoring ini diharapkan dapat memberikan gambaran jelas mengenai situasi keamanan dan memfasilitasi langkah-langkah preventif yang diperlukan.

Kegiatan pengecekan ini merupakan bagian dari komitmen Polda Lampung untuk memastikan bahwa Pilkada 2024 berjalan dengan aman, damai dan sejuk di seluruh wilayah, termasuk wilayah hukum Polres Lampung Tengah.

Tim Pamatwil Polda Lampung menutup kunjungannya dengan mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada, serta menjaga suasana damai dan saling menghormati satu sama lain.

HR.