Ops Zebra, Polisi di Bandar Lampung Edukasi Pelajar Keselamatan Berkendara

MabesNews.Com – BANDAR LAMPUNG |

Dalam rangka Operasi Zebra 2024, Polresta Bandar Lampung mengadakan sosialisasi keselamatan berkendara kepada pelajar di SMA YP Unila, Bandar Lampung, Senin (21/10/2024).

Edukasi ini bertujuan menanamkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas sejak dini, guna menekan angka kecelakaan di kalangan remaja.

Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ridho Rafika, mengatakan bahwa selain penegakan hukum di jalan raya, pihaknya fokus pada upaya preventif melalui edukasi langsung.

“Kami ingin anak-anak muda memahami betapa pentingnya keselamatan saat berkendara. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga bagi pengguna jalan lainnya,” Kata Kasat Lantas, Kompol Ridho Rafika, Senin (21/10/2024).

Materi sosialisasi meliputi pemahaman tentang rambu lalu lintas, pentingnya menggunakan helm standar, serta larangan berkendara tanpa SIM. Polisi juga mengingatkan risiko penggunaan ponsel saat berkendara yang kerap menjadi penyebab kecelakaan.

“Kecelakaan sering kali terjadi karena kelalaian kecil, seperti tidak memakai helm atau bermain ponsel. Kami harap siswa bisa lebih disiplin dan mematuhi aturan saat di jalan,” tambah Ridho.

Operasi Zebra akan berlangsung hingga akhir Oktober, dengan fokus pada pencegahan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, dan pengendara di bawah umur. Selain sosialisasi di sekolah, polisi juga melakukan pemeriksaan di sejumlah titik rawan pelanggaran.

“Kami ingin menciptakan budaya tertib berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar, agar masa depan generasi muda lebih aman dan sehat,” tutup Kompol Ridho.

HR.