Metode Restock Inventaris Efektif bagi Semua Jenis Bisnis Jelang Harbolnas ala Ninja Xpress

MabesNews.com-Jakarta-Restock inventaris merupakan langkah penting yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis untuk memastikan kelancaran supply chain dan meningkatkan kepuasan pelanggan, khususnya menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akhir tahun 2024 ini.

Ketika persediaan barang mencapai batas minimum, tindakan restock harus segera dilakukan untuk mencegah kekosongan stok yang dapat berdampak negatif pada bisnis. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa bisnis dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.

Hal itu disampaikan Tulus Harapan, Team PR Ninja Xpress dalam siaran pers yang diterima media ini menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di akhir Tahun 2024.

Tujuan utama restock inventaris sebut Tulus adalah untuk memastikan produk selalu tersedia, mencegah kekosongan stok, mengoptimalkan rantai pasokan, meningkatkan penjualan, dan mengurangi
biaya penyimpanan.

“Ninja Xpress sebagai perusahaan jasa pengiriman yang selalu siap bantu sampai tujuan, berbagi panduan terbaru mengenai lima metode restock inventaris yang mudah dan efektif diterapkan oleh para pelaku bisnis,” imbuh Tulus Harapan seraya merincikannya.

1. Sistem Pencatatan yang Teratur
Metode restok inventaris ini sangat cocok untuk bisnis kecil yang baru mulai. Anda dapat
menggunakan buku catatan sederhana atau spreadsheet untuk mencatat secara
manual barang yang masuk dan keluar. Catatlah secara rinci jumlah dan tanggal
transaksi. Pencatatan yang teratur akan memberikan gambaran akurat tentang stok
yang tersedia.

2. Metode FIFO (First In, First Out)
Mengutamakan penggunaan barang yang masuk pertama kali untuk dijual terlebih dahulu. Metode ini sangat berguna untuk produk yang memiliki masa simpan tertentu, memastikan kualitas barang tetap terjaga.

3. Penetapan Titik Pemesanan (Reorder Point)
Teknik ini menentukan jumlah minimum stok yang harus tersedia sebelum melakukan pemesanan ulang. Hal ini penting untuk menghindari kekosongan stok secara tiba-tiba dan memastikan kelancaran proses produksi atau penjualan.

4. Agar bisnis tidak mengalami dead stock, pengisian ulang stok barang harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Untuk membantu pengiriman inventaris bisnis Anda, Ninja Xpress menghadirkan
layanan baru yaitu Ninja B2BR (Ninja-B2B-Restock), yang memungkinkan Anda

 

5 Metode Restock Inventaris yang Efektif bagi Semua Jenis Bisnis Menjelang Harbolnas ala Ninja Xpress. Ninja Xpress Membagikan Panduan Praktis Menjaga Ketersediaan Stok dan Mengoptimalkan Operasional atau penjualan. Agar bisnis tidak mengalami dead stock, pengisian ulang stok barang harus dilakukan dengan cepat dan tepat.

” Sementara itu untuk membantu pengiriman inventaris bisnis Anda, Ninja Xpress menghadirkan layanan baru yaitu Ninja B2BR (Ninja-B2B-Restock), yang memungkinkan Anda,” ujar Tulus Harapan. (tiar)