Mengenal adat istiadat bukan dari budaya yang akan di lestarikan saja dari dulu sampai saat ini.tanggal 1 Oktober 2024.

MabesNews.com, Kabupaten Sumba Barat daya nusa tenggara timur/NTT, kec kodi, desa ate dalo – Tepatnya di dusun 1 buku Bani, Kampung buku Bani adalah kampung yang tertua dan di kelilingi dengan bebatuan yang unik, peninggalan leluhur hingga sampai saat ini kampung tersebut Masi tetap terjaga yaitu: kebersihan halaman kampung buku Bani.

Kampung buku Bani ini adalah kampung yang (bersitus) dan sudah di kunjungi oleh masyarakat lokal maupun sering di kunjungi dari berbagai macam mancanegara.

Kampung adat ini tetap memegang teguh prinsip dasar adat istiadat nya,setiap tradisi ini yang akan di lestarikan oleh Tua adat(Rato MARAPU) RANGGA METE).

Tua adat Rato MARAPU ,mengatakan bahwa kampung buku Bani ini adalah:kampung satu-satu nya yang memiliki keunikan dari pada kampung lain nya,yaitu kami 3 orang tua adat/rato MARAPU mampu menyembuhkan/mengobati jika ada Masyarakat yang tersambar petir,bahkan hewan yang tersambar dari petir ucap nya.

Kami sebagai Rato MARAPU/tua adat Menyediakan air yang sudah kami siapkan di dalam Gucci/kendi,guna menyelamatkan kepada masyarakat yang tersambar petir maupun hewan, Gucci/kendi ini adalah: peninggalan leluhur hingga sampai saat ini kami sebagai Rato MARAPU tetap setia dengan jabatan/profesi kami masing2 ucap nya.

Kampung buku Bani ini adalah kampung yang terkenal di kabupaten Sumba Barat daya nusa tenggara timur NTT kec kodi teptnya di desa Ate Dalo dusun 1 BUKU BANI,kampung buku Bani ini yang memiliki sejarah yang panjang,yang menceritakan abad ke abad kampung tersebut (BUKU BANI).

Selain itu kampung buku Bani desa ate dalo,juga menawarkan berbagai tempat unik yang sayang di lewatkan oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan, Jembatan/tangga kayu yang terbuat dari pohon kelapa dari abad ke abad hingga sampai saat ini Tanggal 1 Oktober 2024 pohon kelapa yang sudah di belah -belahkan yaitu warisan dari leluhur Masih terpakai sampai saat ini.

Secara geografis kampung buku Bani ini terletak di desa Ate Dalo, kecamatan kodi,yang jaraknya sekitar 4 kilometer dari kampung buku Bani ke hotel cap karoso.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam silakan cari hotel cap karoso dan hotel lainya yang terletak di desa karoso/desa ate Dalo.

Kampung buku Bani ini memiliki batu gepeng yang berukuran 2×2 yang di percayai tua adat/Rato MARAPU yang memiliki kekuatan Mistisnya.

Rato MARAPU melarang keras kepada masyarakat,agar tempat tersebut tidak masuk/tempat bermain-Main,karena batu gepeng tersebut Memiliki Hal Mistis.

 

 

(Dominggus)