Melalui Sosialisasi Sekolah Madrasah Aman Bencana Terus Digencarkan

Pemerintah174 views

MabesNews.com,Takengon- Sosialisasi Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB) dilaksanakan di hotel Grand Bayu Hill Takengon Jln. Leube Kader, Kp. Monggal Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Selasa (25/07/23)

Dalam sambutan Pj.Bupati Aceh Tengah, Ir.Teuku Mirzuan,MT. Menyampaikan dalam rangka membangun bangsa yang mengambil tangguh terhadap bencana dan pelajaran dalam menanggulangi bencana, maka penanggulangan secara terencana bencana terpadu harus dan terkordinasi dengan melibatkan para pemangku pendidikan adalah hak setiap warga tidak terkecuali saat darurat bencana dan pasca bencana situasi negara keamanan,keselamatan, kenyamanan peserta didik untuk belajar di tempat pendidikan serta kesinambungan layanan pendidikan dalam situasi darurat bencana.

Selain itu, kemampuan warga satuan pendidikan untuk mengurangi risiko bencana baik di satuan pendidikan maupun di luar satuan pendidikan menjadi tujuan yang penting untuk mewujudkan kebutuhan dan mengakomodasi pendidikan bencana dalam terminologi pendidikan layanan khusus, yakni pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat yang terpencil, dan yang mengalami bencana alam, bencana sosial, dan tidak mampu dari segi ekonomi.” Ucapnya”.

Lanjutnya, selaku pimpinan daerah kabupaten aceh tengah mendukung penuh atas inisiasi/fasilitasi pemerintah aceh melalui bpba terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah madrasah aman bencana di aceh tengah untuk menindaklanjuti dan akan mempersiapkan serta mengajak para pihat terutama bpbd, dinas pendidikan, beberapa perwakilan sekolah untuk dapat mereplikasikan kegiatan serupa di masing-masing sekolah. serta untuk mempersiapkan segala penanganan bencana di sekolah.” Tutupnya”.

Saat dijumpai awak pers Dandim 0106/Ateng, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M.Han, menambahkan dengan dibukanya”sosialisasi sekolah/madrasah aman bencana ini semoga peserta khususnya pengajar dan siswa dapat menularkan pengetahuan ke keluarga dan masyarakat sehingga dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana semua elemen dapat tersampaikan oleh sosialisasi ini,” ujarnya.

Dalam acara tersebut tampak hadir Pj.Bupati Aceh Tengah, Ir.Teuku Mirzuan,MT,.Dandim 0106/Ateng, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M.Han, Kapolres Aceh Tengah diwakili Kasat Binmas Polres Aceh Tengah Akp.Hasman, Pengelola Surveilans Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan kab. Aceh Tengah Tajasyah Kasim AMKL, Kakemenag Aceh Tengah diwakili Kasi Pendidikan Madrasah Yulia, MA, dan para tamu undangan

(Deli kumar)