Malam Ini Super Blue Moon: Fenomena Bulan Langka Pukau Warga Batam

Pemerintah131 views

MabesNews.com, Batam | Warga Kota Batam, malam ini (Jumat, 1/9/2023) dihebohkan dengan fenomena alam menarik, yang disebut super blue moon, di mana bulan tampak lebih besar.

Pukul 20.00 tadi, KataBatam sempat mengabadikan fenomena langit muncul kembali untuk pertama kalinya sejak 2009 ini, saat melintas di Jalan Laksamana Bintan, Batamcenter.

Memang luar biasa melihat bulan purnama yang “mengambang” di atas jalan, bersanding dengan menara Pollux Habibie. Sayangnya, foto ini tak sempurna karena hanya ditangkap dengan kamera ponsel.

Tak hanya kami, pengguna jalan lain juga ikut menikmati fenomena ini. Mereka langsung menepi, untuk menikmati pemandangan yang mungkin hanya akan disaksikan sekali seumur hidupnya.

Saking jarangnya fenomena ini, ada idiom dalam bahasa Inggris “once in a blue moon” berarti kejadian yang amat jarang.

Tapi bulan biru kali ini akan lebih jarang lagi karena ia juga sekaligus supermoon – ketika bulan tampak lebih cerah dari biasanya karena berada pada titik terdekat dalam orbitnya mengitari planet Bumi.

Meskipun namanya begitu, fenomena ini tidak ada hubungannya dengan warna — dinamakan demikian karena dia tidak masuk dalam skema nama-nama Bulan yang biasanya.

Yang punya jepretan menarik, share di kolom komentar, dong….(Nursalim Turatea).