Lanud Manuhua Biak Gelar RTD “Cendrawasih Tangkas 2024”

Prov. Papua, TNI52 views

MabesNews.com, Biak – Pangkala.n TNI Angkatan Udara (Lanud) Manuhua menggelar Round Table Diskusi (RTD) latihan ” Cendrawasih Tangkas Tahun 2024″ dengan Kodiklatau Jakarta yang berlangsung di ruang briefing Dinas Operasi Lanud Manuhua Biak Rabu, (21/08/2024).

Direktur Pengkajian Kodiklatau Marma TNI I.Putu Gede Suartika beserta Staf turut hadir sebagai narasumber.

Acara ini dilaksanakan untuk mendalami hasil latihan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta merumuskan solusi guna meningkatkan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan.

Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Dedy Ilham S.Salam, S.Sos, MM menjelaskan, bahwa Round Table Disscution ini, memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan operasi udara oleh TNI Angkatan Udara.

Dalam melaksankan latihan ini bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi merupakan sarana strategis untuk memastikan kesiapan dan efektivitas satuan dalam mendukung berbagai misi, ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan, dan koordinasi antar satuan, serta memastikan bahwa TNI Angkatan Udara yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis) paparnya. Selain itu, bahwa keberhasilan operasi udara sangat bergantung pada sinergi yang kuat antara berbagai unsur maupun personil yang terlibat.

“Koordinasi yang solid dan kerjasama antar satuan adalah kunci untuk menjalankan misi dengan sukses dan efisien,” tambahnya.

Latihan “Cendrawasih Tangkas 2024” yang di gelar beberapa bulan lalu, merupakan latihan satuan terpadu yang dirancang sebagai kelanjutan dari latihan perorangan personel Lanud Manuhua. Latihan ini bertujuan untuk menguji berbagai aspek, termasuk kemampuan individu dan satuan, kesiapan operasional, serta prosedur yang diterapkan dalam operasi udara.

Diskusi hari ini menghadirkan para Perwira dari Skadron Udara, 27 dan satuan-satuan terkait dengan agenda utama diskusi, evaluasi mendalam terhadap hasil latihan, pembahasan berbagai tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan, serta pengembangan strategi dan rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang.

Turut hadir para Pejabat setingkat Kadis, Danskadron 27, para Kasi dan Perwira Lanud Manuhua.