Kontingen Kota Lhokseumawe Siap Tampil di PKA Banda Aceh

Pemerintah206 views

MabesNews.com, Medan-Kontingan Kota Lhokseumawe siap tampil pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Banda Aceh.

Mereka berjumlah 140 peserta dipimpin Ketua.Majelis Adat Aceh (MAA), H Saifuddin Saleh, SH akan bertolak ke Banda Aceh, Jumat 3/11/2023 petang.

“Insya Allah, kami kontingen dari kota Lhokseumawe Jumat bertolak ke Banda Aceh untuk tampil pada PKA yang digelar 4-12 November,” kata H Saifuddin Saleh kepada.media ini melalui telepon selular usai melaporkan ke Walikota Lhokseumawe, Kamis 2/11/2023.

Menurut dia, ke 140 peserta akan mengikuti berbagai kegiatan di arena PKA di Taman Safiatudfin Banda Aceh antara lain pawai budaya, pawai perahu hias,.Seminar Jalur Rempah, Lomba Tari tradisional, Lomba Seumapa, Peurateb aneuk, Karang dan baca hikayat.

“Selain itu ada Lomba boh gaca, Pameran Benda bersejarah yang cukup terkenal dari Lhokseumawe,”.papar Saifuddin Saleh yang juga salah seorang.penyair Aceh baru kembali dari Kuala.Lumpur Malaysia.mengikuti pertemuan Sastrawan Nusantara di sana.

Tadi lanjut H Saifuddin di Aula Setdako telah dikukuhkan kontingen Kota Lhokseumawe dengan Ketua Kontingen Ketua MAA Kota Lhokseumawe, oleh Pj. Walikota dr. Drs.Imran MS.I, MA.

Imran melukiskan kan timur Lhokseumawe membawa nama baik kota ini, yang terkenal plural, homogen, moderat sejak abad 13 M sehingga disebut Bandar Sumatra yang kosmopolitan dimana banyak pendatang dari Arab, India, Melayu, Bugis, Jawa dan lainnya.

“Lhokseumawe adalah Bandar Samudera Pasai sebagai salah satu Kerajaan Melayu tertua.Peradaban yang diusung tercermin lewat Anjungan Kota di Taman Ratu Safiatuddin,” ujar Walikota Lhokseumawe,.H.Imran seperti dikutip H Saifuddin.(tiar)