Kodim 0111/Bireuen Menerima Sosialisasi Literasi Digital Secara Zoom

Lainnya113 views

MabesNews.com l Bireuen-Kodim 0111/Bireuen melaksanakan Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintah di TNI Oleh Kemenkominfo dan Mabes TNI secara daring (online) bertempat Di Makodim 0111/Bireuen Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen,Rabu (14/6/2023)

Turut Hadir dalam kegiatan Literasi Digital secara daring tersebut antara lain Dandim 0111/Bireuen, Kasdim 0111/Bireuen, Pasiter Kodim 0111/Bireuen dan 80 orang Anggota Makodin 0111/Bireuen serta 70 orang Anggota di HP masing masing

Kegiatan Pembukaan Literasi Digital dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI yudo Margono dan PLT Menteri Kominfo Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin.

Dengan Permateri kegiatan Literasi Digital Cakap Digital oleh Pudi Prima, S.com, M.Com, Keamanan Digital oleh Andri Johandri, Etika Digital oleh Ibrahim Sidik, S.pd, Membangun Budaya Digital oleh Rudi Kurniawan, Bersosialisasi Media Digital di lingkungan TNI oleh Kolonel Chb Martanto Dwi, D.Hadi, M.Si(Han) dan Pengamanan data Media Digital dilingkungan TNI oleh Kolonel Sus Pancadianto, S.T, M.Si.

Komandan Kodim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf Ade Munandar,S.I.Pem usai mengikuti Literasi Digital menyampaikan” Literasi Media, penting diketahui seluruh Prajurit Kodim 0111/Bireuen khususnya yang mana pengertian literasi yang berarti membaca, menulis, menjelaskan, menerangkan, menghayati dan memecahkan persoalan”

Dalam kegiatan Zoom tersebut dijelaskan tentang tugas TNI sesuai UU No 34, yang mana TNI bertugas menjaga kedaulatan negara dalam bidang pertahanan dan keselamatan negara. Oleh karena itu, TNI harus dapat membaca ancaman baru pada perkembangan di era digital melalui serangan cyber, propaganda yang mengancam keamanan nasional.

Namun jika medsos juga bisa menjadi bencana jika dipakai untuk menyebarkan radikalisme yang dapat membahayakan dan memecah belah kita semua. “Untuk masyarakat agar makin cerdas juga dalam menggunakan teknologi digital. Diharapkan ke depan, tidak lagi mudah termanipulasi oleh informasi hoax yang beredar di media sosial, tidak mudah terprovokasi. Kita semua bisa lebih cerdas, bisa lebih kritis dan bijak terhadap informasi yang kita terima,” ujar Dandim.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sudah berkomitmen dan menekankan kepada jajaran TNI agar seluruh Prajurit harus menjujung tinggi Netralitas TNI, selain itu bahwa Prajurit TNI akan menjalankan peran penting dalam menjaga kelancaran proses Pemilu, dan memastikan berjalan dengan aman dan lancar” Pungkas Dandim.

Rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *