Ketua PNBN Aceh Hadiri Deklarasi Bela Negara di Surabaya

Prov. Aceh58 views

Mabesnews.com – Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin SW Kukuhkan dan Deklarasikan Achmad Riwayat Mawardy, SE. M. Jadi Ketum PNBN 2024-2029_

Surabaya – Ormas Patriot Nusantara-Bela Negara (PNBN) kembali menunjukkan komitmen mereka terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Deklarasi dan Pengukuhan kepengurusan baru. Acara tersebut berlangsung di Gedung Makorem 084 Baskara Jaya, Surabaya, pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Dalam acara ini, Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin SW, selaku Penasehat DPP PNBN, mengukuhkan dan mendeklarasikan Achmad Riwayat Mawardy, SE. M.Hum sebagai Ketua Umum DPP PNBN untuk periode 2024-2029. Pengukuhan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk perwakilan dari pemerintah dan militer.

Dalam sambutannya, Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin SW menekankan pentingnya pemuda generasi penerus bangsa dalam mempertahankan kedaulatan negara. “Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara dalam membela dan mempertahankan negara dari ancaman yang dapat membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa bela negara memiliki berbagai makna penting, termasuk menjaga keutuhan bangsa, mencegah ancaman dari luar, dan memperkuat pertahanan serta keamanan negara. “Bela negara didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang merupakan konstitusi dan sumber hukum tertinggi di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PNBN yang baru, Achmad Riwayat Mawardy, SE. M.Hum, menyampaikan bahwa konsep bela negara yang diusung oleh PNBN adalah bagian dari upaya menjaga identitas dan integritas bangsa. “Bela negara penting bagi pembangunan dan mempertahankan negara, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme di kalangan warga negara,” jelas Mawardy.

Acara deklarasi ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Pj. Gubernur Jawa Timur, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, dan sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan. Selain itu, perwakilan dari DPD PNBN dari berbagai provinsi juga turut hadir, termasuk dari Aceh yang diwakili oleh Drs. Isa Alima, Ketua DPD PNBN Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Isa Alima mengungkapkan rasa bangganya bisa bergabung dalam keluarga besar bela negara. Ia juga berjanji bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, selepas agenda empat tahunan PON XXI Aceh-Sumut, akan segera melaksanakan Deklarasi atau Pengukuhan Pengurus DPD PNBN Provinsi Aceh.

Deklarasi dan pengukuhan ini menegaskan kembali komitmen PNBN untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keselamatan bangsa dan negara Indonesia. (*)