Kepala DBMSDA Iwan Firmansyah Dampingi Pj Bupati Tangerang Andi Ony Resmikan Daerah Irigasi di Kecamatan Kemiri

MabesNews.com, BANTEN – Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Banten, Iwan Firmansyah turut mendampingi Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony, meresmikan Daerah Irigasi (DI) 1, 2, dan 3 yang berlokasi di Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, pada Rabu 23 Oktober 2024.

Dalam acara peresmian tersebut, Pj Bupati Andi Ony menegaskan bahwa proyek Daerah Irigasi tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Tangerang untuk meningkatkan infrastruktur pertanian termasuk menunjang produktivitas masyarakat tani.

“Jadi, irigasi yang diresmikan (ini) diharapkan dapat mendukung pengelolaan air yang lebih efisien serta meningkatkan ketahanan pangan di daerah Kecamatan Kemiri dan sekitarnya,” kata Andi Ony.

Untuk itu Andi Ony berharap, keberadaan Daerah Irigasi ini akan memberikan manfaat besar dalam mendukung pertanian di wilayah Kecamatan Kemiri dan sekitarnya.

Lebih lanjut, Andi Ony juga mengatakan agar fasilitas Daerah Irigasi ini dapat dikelola dengan baik dan dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Mudah-mudahan proyek ini juga dapat mengatasi permasalahan ketersediaan air di musim kemarau yang selama ini sering menghambat produktivitas pertanian di Kecamatan Kemiri ini,” ujar Andi Ony.

Dalam kesempatan itu, Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah juga memaparkan bahwa pembangunan Daerah Irigasi 1, 2, dan 3 telah direncanakan secara matang guna memastikan air irigasi ini dapat disalurkan secara merata ke lahan-lahan pertanian.

“Jadi, kami berharap irigasi ini dapat memperbaiki pengelolaan air dan bisa mengatasi kendala kekurangan air, terutama pada musim kemarau,” jelas Iwan.

Menurut Iwan Firmansyah, dengan adanya Daerah Irigasi 1, 2, dan 3 di Kecamatan Kemiri ini, sektor pertanian bisa lebih berkembang dan memberikan kontribusi signifikan baginperekonomian daerah, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan.

“Nah, pembangunan Daerah Irigasi di Kabupaten Tangerang itu berjumlah 22 (unit) yang harus dipertahankan. Dimana, 17 titik sudah dilakukan pembangunan, dan tinggal sisa beberapa titik lagi dan akan diselesaikan secepatnya pada tahun ini,” tambah Iwan.

Untuk diketahui, panjang trase yang dibangun:

– Daerah Irigasi 1 mencapai panjang 705 meter dengan sumber air pembuangan Susukan

– Daerah Irigasi 2 mencapai 735 meter dengan air dari Sungai Cimanceuri dan

– Daerah Irigasi 3 panjangnya 739 meter dengan sumber air dari Sungai Cimanceuri.

 

PESTA TAMPUBOLON