Kapolda Sulut Irjen Pol Roycke Harry Langie Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

MabesNews.com, MANADO, Humas Polda Sulut – Polda Sulawesi Utara menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 dengan tema ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’.

Upacara dilaksanakan di Lapangan Presisi Mapolda Sulut, dipimpin oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Roycke Harry Langie, Selasa (1/10/2024), dan diikuti oleh Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, para PJU dan seluruh personel Polda Sulut baik anggota Polri maupun PNS Polri.

“Hari ini Polda Sulut menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dimana sejarah masa lalu pernah terjadi pengkhianatan terhadap Pancasila oleh Gerakan 30 September. Dan sampai saat ini Pancasila masih tetap menunjukkan kekuatan dan kesaktiannya, sehingga ini kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil, dihubungi usai upacara.

Pancasila katanya merupakan ideologi dan pedoman hidup Bangsa Indonesia yang harus dijadikan sebagai landasan moral di dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku serta menjiwainya dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila merupakan ideologi yang harus kita pahami, kita hayati, dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita akan menjadi Bangsa Indonesia yang mampu memahami Pancasila, mampu memahami kebhinnekaan dalam keberagaman, dan mampu menjadi warga negara Republik Indonesia yang baik,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Polda Sulut ditandai dengan hening cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Ikrar.

( Jansen Rarung)