Institut Keislaman Tuah Negri Mou dengan 6 Perguruan Tinggi NU

Pemerintah198 views

MabesNews.com, Aceh – Penguatan Tridarma Perguruan Tinggi Agama Islam wajib dilakukan. Adapun cara untuk mewujudkannya dengan melakukan Kerjasama antar perguruan tinggi. Dalam hal ini Institut Keislaman Tuah Negeri (IKTN) telah melakukan kerjasama dan bersepakat dengan setidaknya 6 (enam) perguruan tinggi NU, mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kota Tangerang Rabu (20/12/2023).

Dr. Afiq Budiawan, Rektor IKTN yang bertepatan sebagai tuan rumah forum lintas perguran tinggi Islam NU, mengatakan MoU yang dilakukan antar perguruan tinggi ini tidak hanya sebatas draf dan harus direalisasikan dalam bentuk kegiatan agar ouputnya dapat dirasakan bagi dosen dan mahasiwa. Hal tersebut diamini oleh Ketua STISNU Tangerang Dr. KH Muhamad Qustulani, Ketua STAI Mempawa Ismail. M.Pd.I, Ketua STAI Al Hikmah Medan Asril Umar, M.Pd.I, Ketua AL Hikmah Lampung Dr. KH. Ali Kuswandi, Ketua STISNU Aceh Dr. Tgk. Muhammad Yasir.

Adapun hasil kesepakatan sebagaimana berikut: Webinar yang berkelanjutan dengan narasumber dari dosen delegasi setiap kampus, kolaborasi Publikasi dosen dan mahasiswa, kolaborasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Peningkatan Rekognisi dosen, Workshop Kompetensi Tenaga Kependidikan, Peningkatan Kompetensi akademik dan non akademik Mahasiswa, Gebyar Digital Akademik dalam tiap tahunan dan Klinik Akreditasi berkolaborasi.

Langkah kongkritnya, di penghujung tahun ini Webinar akan diselenggarakan di STISNU Tangerang, dengan mengangkat isu Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi. Rektor IKTN mengharapkan konsistensi Kerjasama ini dapat berjalan dengan dengan baik. Semua pimpinan perguruan tinggi yang bergabung diforum ini mengharapkan kreatifitas dari semua wakil rektor, wakil ketua, ketua Lembaga dan ketua program studi untuk berinovasi dalam hal pengembangan program-program kedepannya.

Tutur Dedi Azwandi kepada Muin mabesnews.com