HMR: Dulu Kita Sibuk Cari Investor, Setelah Batam Dibangun, Kini Investor yang Cari Kita 

Pemerintah141 views

MabesNews.com | Batam- Dulu Badan Pengusahaan (BP) Batam sibuk mencari investor, tapi kini justru investor-lah yang datang ke BP Batam.

Hal ini disampaikan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), saat bersilatahmi dengan ketua RT/RW di lingkungan Kecamatan Batamkota, di Hotel Harmoni One, Batamcenter, Sabtu (9/3/2024) siang.

Dalam pertemuan ini, HMR sekaligus menyerahkan secara simbolis insentif triwulan I, periode Januari -Maret 2024 dari Pemerintah Kota Batam, kepada ketua RT/RW di Kecamatan Batamkota.

Sebagai wali kota yang juga Kepala BP Batam, HMR menjelaskan bahwa salah satu daya tarik Batam di mata investor adalah pembangunan infrastruktur jalan yang hingga kini terus dilakukan.

“Jalan yang kita (HMR) bangun saat ini pengaruhnya besar sekali. Sehingga dulu BP Batam sibuk cari investor, tapi kini investor yang cari kita,” terangnya.

Dengan masuknya investasi tersebut, dengan sendirinya ekonomi akan berputar dan tumbuh. Hingga sepanjang 2023 pertumbuhan ekonomi Batam meningkat tajam hingga 7,04 persen, melampaui Provinsi Kepulauan Riau, bahkan nasional sekalipun.

“Inilah makna kota modern sebenarnya. Bukan karena banyaknya gedung pencakar langit, tapi yang ekonominya berputar dan rakyat bisa menikmati,” jelasnya.

Semua kinerja ini, HMR sebagai bentuk dedikasinya untuk menyejahterakan masyarakat Kota Batam, juga menjaga kepercayaan Presiden Joko Widodo, yang telah mengangkatnya sebagai Kepala BP Batam.

“Maka saya tunjukkan pada beliau (Presiden Jokowi), bahwa saya bisa mengubah kota Batam, tapi saya sampaikan ke Bapak Presiden, asal saya didukung,” ungkapnya.

𝗥𝗲𝘀𝗲𝗽 𝗛𝗠𝗥 𝗠𝗮𝗷𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗼𝘁𝗮

Di depan para tokoh masyarakat tersebut HMR juga menerangkan bagaimana membangun sebuah kota yang maju. Ilmu tersebut ia dapat saat mengikuti pelatihan kepala daerah selama sebulan penuh di Singapura.

“Mereka maju karena sudah bisa menyiapkan pembangunan dan menghitung anggarannya hingga 50 tahun ke depan. Berapa jumlahnya dan sumbernya dari mana,” jelasnya.

Menurut HMR tersebut, meski tak keseluruhan, namun bisa diterapkan di Kota Batam. Asal sistemnya dibangun. Untuk itulah pentingnya pembangunan yang berkelanjutan.

Sehingga antara pemimpin terdahulu dan seterusnya, tak terjadi semacam missing link. “Kita bisa, asal sistemnya dibangun. Bahkan kalau bisa dikunci, maka akan jalan. Boleh ada kebijakan tapi tak boleh nabrak. Untuk itu perlu ada pemimpin yang melanjutkan,” jelasnya.

𝗞𝗲𝘁𝘂𝗮 𝗥𝗧/𝗥𝗪 𝗽𝘂𝗻 𝗕𝗮𝗻𝗴𝗴𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗛𝗠𝗥

Pemaparan demi pemaparan HMR ini, membuat ketua RT/RW dalam pertemuan tersebut berharap ada yang melanjutkan semua pembangunan ini.

“Pembangunan yang dilakukan Pak Wali saat ini belum selesai. Oleh karena Wali Kota Batam yang akan datang harus meneruskan apa yang sudah dicanangkan,” ujar perwakilan ketua RT/RW tersebut.

“Kita lihat di Kelurahan Teluktering ini, sudah bagus dan begitu indah. Di tangan Pak Rudi kita melihat, Batam kota baru segera terwujud,” tegasnya bangga. (Nursalim Turatea).