DPP Aceh Sepakat Sumut Lantik DPC XI Besitang dan Tekankan Berdaya UMKM

Pemerintah193 views

MabesNews.com, Medan – Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara, H Mukhtar,SH,MM diwakili Ketua Bidang Organisasi DPP Drs H Bulgani Risyad Arsyad melantik Pengurus DPC XI Aceh Sepakat Sumatera Utara Besitang, Sabtu 2/9/2023.

Hadir di situ sejumlah pengurus DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara, Camat Besitang, MUI, Ormas dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Umum Dewan Musapat (DM) Ir H Sabri Basyah mewakili Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara, H Mukhtar,SH,MM (berhalangan hadir) dalam sambutannya menekankan agar DPC XI Aceh Sepakat Sumut Kecamatan Besitang perlu memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah ini sehingga pelaku usaha tersebut terus berkiprah.

“Karena UMKM bukan hanya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi tapi juga menyerap tenaga kerja lebih banyak. Semakin berkembang usaha ini kian meningkat penyerapan tenaga kerja,” ujar H Sabri Basyah yang juga salah seorang pengusaha ini.

Hal senada dikemukakan Sekretaris Umum DM, Suriadin Noernikmat,ST,MM, bahwa UMKM telah membuktikan ketahanan usahanya meski pernah diterpa badai krisis ekonomi global beberapa waktu silam.

Justru itu, kita berharap UMKM yang bergerak diberbagai sektor usaha menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama di Besitang ini,” pinta Suriadin Noernikmat yang pada Pemilu mencalonkan diri sebagai anggota.legislatif dari DPD Golkar Sumatera Utara pada Pemilu 2024.

Suriadin Noernikmat menambahkan seperti dikemukakan tadi oleh pak Sabri Basyah, UMKM lebih banyak menyerap tenaga kerja. Benar, menurut data UMKM mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja.Artinya, UMKM mampu menghimpun sekitar 60,4 persen dari total investasi di tanah air.

“Karena itu DPC XI Aceh Sepakat Sumut Besitang barangkali memiliki potensi UMKM perlu terus dibina dan dikembangkan. Sebab, perannya cukup besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Suriadin Noernikmat, mantan Ketua Umum Ikatan Alumni Politeknik Medan ini.

Bukan hanya Ketua Umum DM dan Sekretaris Umum DM mendorong DPC XI Besitang untuk mengembang UMKM di wilayah tersebut, Anggota Dewan Pleno Aceh Sepakat Sumut, Dr. Ir. H. M. Natsir Amin, M.M. juga sangat menaruh harapan terhadap sektor UMKM.

Bahkan HM Natsir Amin mengakui Aceh Sepakat Sumatera Utara dengan sejumlah DPC merupakan organisasi sosial kemasyarakatan, namun tidak salah untuk lebih berperan di bidang pemberdayaan dan pengembangan UMKM di setiap DPC termasuk DPC XI Kecamatan Besitang.

“Sebab, menurut UU Nomor 20 Tahun 2008, UMKM merupakan usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang.memenuhi ktiteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam undang-undang.Sebagai usaha kecil, yaitu usaha berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan,” jelas HM Natsir Amin.

Begitu juga sebagai usaha menengah lanjutnya yaitu usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan orang perorangan atau badan usaha bukan pula anak perusahaan atau badan usaha. Sehingga UMKM yang ada di Indonesia sebagian besar merupakan kegiatan usaha rumahtangga yang dapat.menyerap banyak tenaga kerja.

Adapun pengurus DPC XI yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan dari DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara yang dibacakan Sekretaris Umum DPP, Dr.Azwir Agus SH, M.Hum para pengurus DPC XI Besitang Periode 2023-2028 terdiri Ketua Syafrida,SPd,Sekretaris Rahmad Fauzan dan Bendahara Siti Khalijah, S.Pd.Kepengurusan ini dilengkapi dengan berbagai bidang lainnya. Dalam kesempatan itu Drs H Bulgani Risyad Arsyad menyerahkan Bendera Pataka kepada pengurus DPC XI Besitang.

Camat Besitang, Irham Effendi S.Ag dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengurus DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara dan selamat kepada pengurus DPC XI Aceh Sepakat Sumut Besitang yang telah dilantik.

“Dengan dilantiknya kepengurusan DPC.XI ini diharapkan semakin mempererat hubungan hubungan silaturahmi antara pemerintah Kecamatan Besitang maupun hubungan dengan Ormas lainnya dapat terjalin dengan baik,” pintanya pada acara yang juga dihadiri Ketua MUI Kecamatan Besitang diwakili Endang Ahmad Ramadhan.(bay)