Cegah DBD, Babinsa Ajak warga Berantas Sarang Nyamuk

MabesNews.com, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan langkah antisipasi terhadap berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Terkait hal itu, Serda Hartono Babinsa Ds.Wonotolo anggota Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen bersama petugas Puskesmas mengadakan pengecekan penampungan air di rumah warga Dk.Cengkong Rt.08 Ds.Wonotolo Kec.Gondang, Senin ( 22/07/2024 ).

Serda Hartono mengajak masyarakat menggalakkan pola gerakan 3 M Plus yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air.

Kemudian, menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum dan kendi.

Selanjutnya, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Plus-nya adalah melakukan pencegahan DBD dengan menaburkan bubuk larvasida atau bubuk abate tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk dan kelambu, menanam tanaman pengusir nyamuk serta mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

“Ini adalah cara supaya wabah DBD tidak menyebar di lingkungan tempat kita tinggal.

Nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD akan mudah berkembang kalau di lingkungan tempat tinggal kita terdapat banyak genangan air dibarang bekas yang berserakan di sekitar rumah,” Pungkas Hartono.

(Samsul/Agus Kemplu/Tim)