Bhabinkamtibmas Palangka Tanggapi Penemuan Bayi di Teras Rumah Warga Jalan B. Koetin

Polri677 views

MabesNews.com, Palangka Raya – Warga di kawasan Jalan B. Koetin, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dibuat geger atas penemuan bayi yang diduga ditelantarkan dan ditinggalkan oleh orang tuanya pada salah satu teras rumah.

Menanggapi kejadian tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng, Brigpol Yudo yang bertugas pada wilayah Kelurahan Palangka dengan sigap mendatangi lokasi penemuan bayi, Senin (30/10/2023) pagi.

“Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan dalam keadaan hidup dengan ari-ari atau plasenta masih menempel, yang diduga telah ditelantarkan dan ditinggalkan oleh orang tuanya di teras salah satu rumah warga setempat,” ungkap Brigpol Yudo.

“Menurut keterangan para saksi selaku penghuni rumah, sekitar pukul 05.30 WIB mereka mendengar suara tangisan bayi dari arah luar rumah, yang mana setelah dicek ditemukanlah bayi perempuan ini dengan keadaan hanya terbalut baju orang dewasa,” lanjutnya.

Petugas bersama masyarakat pun memutuskan untuk segera mengevakuasi bayi malang tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan dan penanganan medis, yang selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Sosial.

“Demi keselamatan bayi kita pun sepakat untuk mengevakuasinya ke RS Bhayangkara karena kondisinya saat ini sangat rentan dan lemah, yang selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Sosial untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” terang Yudo.

“Sedangkan untuk perkara ini akan ditangani oleh Polresta Palangka Raya beserta jajaran, begitu pula dengan kronologis kejadian dan identitas orang tua kandungnya yang saat ini masih dalam proses penyelidikan,” pungkasnya. (Bony)