Bhabinkamtibmas Kampung Suaran Bersama Aparatur Kampung Evakuasi Warga Terdampak Banjir

MabesNews.com, BERAU – Pada Jumat, 27 September 2024, sekitar pukul 04.00 WITA, terjadi bencana banjir di Kampung Suaran, Kecamatan Sambaliung, yang merendam tiga RT, yaitu RT.1, RT.2, dan RT.3. Banjir ini disebabkan oleh luapan Sungai Patiwar akibat curah hujan yang tinggi semalaman, serta informasi dari masyarakat yang menyebutkan bahwa bendungan waterintek juga jebol.

 

Bhabinkamtibmas Kampung Suaran, bersama dengan Babinsa dan aparatur kampung, langsung bergerak mengevakuasi warga ke tempat-tempat aman seperti Masjid Ar-Rahman, Gedung Serbaguna, dan Kantor Kampung. Di RT.1, yang terkena banjir paling parah dengan ketinggian air mencapai 2 meter, evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet.

“Upaya evakuasi terus dilakukan dengan memprioritaskan keselamatan warga. Kami juga mendirikan dapur umum di beberapa titik untuk memastikan kebutuhan makanan warga terdampak tercukupi,” pungkas Bhabinkamtibmas Kampung Suaran.

Bencana banjir ini juga mengakibatkan terputusnya jembatan ulin yang menghubungkan RT.1 dan RT.3 karena terbawa arus yang kuat. Hingga saat ini, air mulai berangsur surut, dan warga yang terdampak sudah dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Selain itu, seorang warga bernama Lemi (70 tahun) dari RT.1 dievakuasi ke Puskesmas Suaran setelah mengalami kejang-kejang dan sakit kepala usai minum obat dan kopi.

 

(Samsul)

 

HUMAS POLDA KALTIM