Asdeki Sukses Jajaki Peluang Bisnis di Malaysia Selama Tiga Hari 

Prov. Sumut72 views

MabesNews.com, Malaysia- Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) sukses menjajaki peluang bisnis di Malaysia- selama tiga hari 15-17 Juli 2024

Kesuksesan itu ditandai penandatangan Nota Kesepahaman atau MoU dalam rangka kerja sama dengan Alta Elite SDN BHD Malaysia-Tiongkok yang dilakukan Ketua Umum Asdeki Khairul Mahalli dan Pimpinan Alfa Elite SDN BHN pada Rabu 16/7 2024.

Penandatanganan MoU dengan Alta Elite SDN BHN sebut Mahalli yakni pertama untuk memperdalam kerja sama antara Malaysia, Indonesia dan Tiongkok untuk mempromosikan pertukaran yang luas, layanan timbal balik, dan interaksi ekonomi dan perdagangan melalui platform yang dibangun bersama.

Kedua, menjalin hubungan persahabatan antara ALTA ELITE SDN BHD (“Alta Elite”) dan ASDEKI untuk bersama-sama menjajaki potensi peluang perdagangan dan investasi.Alta Elite dan ASDEKI selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing disebut sebagai “Pihak Kedua.

Menyinggung prinsip dan ruang lingkup kerjasama tadi Mahall yang juga Ketua Umum Kadin Sumatera Utara ini menjelaskan pertama para Pihak telah sepakat untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip “kesetaraan, saling melengkapi, kerja sama persahabatan, dan kemajuan.

Lantas lanjutnya dalam upaya untuk memperkuat kerja sama dan memfasilitasi pertukaran informasi di antara para pengusaha di kedua negara dan platform kolaboratif. Kedua para pihak bertujuan untuk membentuk mekanisme kolaboratif terstandar yang mencakup kegiatan-kegiatan seperti berbagi informasi, membina kemitraan ekonomi dan perdagangan, dan memfasilitasi pertukaran personel.

“Sementara isi MoU ketiga, Para Pihak harus bekerja sama dengan itikad baik dan sepenuhnya melaksanakan kewajiban mereka untuk memastikan efektivitas MOC ini.

Keempat MoU ini bukan merupakan kesepakatan akhir antara para pihak. Rincian kolaborasi spesifik akan ditentukan melalui diskusi bersama lebih lanjut,” papar Mahalli yang juga Ketua Umum GPEI (Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia) ini.

Seperti diberitakan MabesNews.com sebelumnya Mutiara Perlis SDN BHD (MPSB), berkantor Premier Suite, Menara 1MK, Kompleks One Mont Kiara, No. 1 Jalan Kiara, 50480 Mont Kiara, Kuala Lumpur, Malaysia menandatangani MoU dengan ASDEKI beralamat Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Penandatangan MoU keduabelah pihak itu dilakukan Dato’ Sabaruddin Ibrahim-,Group Executive Chairman MPSB dan Ketua Umum Asdeki Khairul Mahalli dalam suatu acara di Kuala Lumpur Malaysia, Rabu 17/7/2024

Turut hadir Wan Ahmad Zaheed Wan Mohamad-Group Managing Director Chief Executive Officer, Abbas Hyder Bilgrami-Principal Advisor, Arif Rida Shabarudin -Managing Director &CEO.

MPSB dan ASDEKI selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Para Pihak” dan masing-masing disebut sebagai “Pihak”

Keduabelah pihak menyatakan sepakat MoU ini bertujuan untuk mencatat saling pengertian antara Para Pihak dan menilai serta mengevaluasi kelayakan dan peluang antara MPSB dan ASDEKI.

Para Pihak harus bekerja sama satu sama lain dengan itikad baik dan harus sepenuhnya melaksanakan kewajiban demi efektivitas MoU/MOC ini termasuk terhadap afiliasinya.

Mahalli juga menyebutkan isi MoU antara lain sepanjang berlaku MoU ini (selanjutnya disebut “Ruang Lingkup”) adalah bersama-sama melakukan pengerjaan, korporasi, studi kelayakan atau bentuk pengembangan dan penilaian serupa dalam rangka mengevaluasi kelayakan dan potensi pengembangan.

Kementerian Perhubungan di bidang investasi, keuangan, komersial, hukum

dan hal-hal lain yang terkait dengan Kementerian Perhubungan termasuk mengembangkan kerjasama antara MPSB dan ASDEKI termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut. Sebelumnya Asdeki juga menandatangani

MoU dengan Malaysia Business Council (MBC) di Kuala Lumpur, Senin 15/7/2024.

Kesepakatan bersama antara Asdeki Malaysia China Business Council itu masing-masing ditandatangani Ketua Umum Asdeki, Khairul Mahalli dan pihak manajemen MCBC disaksikan oleh sejumlah delegasi bisnis yang tergabung dalam Asdeki.

Adapun delegasi bisnis dari Indonesia dibawah payung Asdeki terdiri 1.Khairul Mahalli- Chairman Of Indonesia Depo Container Association- Indonesia Exporter Association- North Sumatra – Indonesia Chamber Of Commerce And Industry.

2.Andry Tanudjaja Director Of Institutional Relations PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).3.Budi Prakoso Vice President SBU Marine Services PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).4.Mat Hasan Mamat PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

5.Edy Mulyadi -Mananging Director PT. BRATA KAWAN PERKASA. 6.Imam Darmawan Vidyan Mananging Director PT. Sinar Intan Logistik.

7.Gunawan Laut Mananging Director PT. Asia Karet. 8.Khairudin Harahap Director Angkola Group. 9.Abdul Haris Harahap Director Lambang Panglima.(bachtiar adamy)