Akhiri tugas di Bitung, Kapolres Mendapatkan Ucapan Terimakasih dari Pedagang Pasar

Pemerintah444 views

Mabesnews.com

Bitung , Pedagang Pasar Kota Bitung memberikan apresiasi positif kepada Kepala Kepolisian Resor – Kapolres Kota Bitung AKBP Alam Kusuma Irawan SIK.SH.MH, setelah 2 tahun mengabdi kepada masyarakat kota Bitung. Menurut sejumlah pedagang kepada media, ucapan terimakasih pantas disampaikan kepada Kapolres Alam Kusuma Irawan, atas sejumlah jasa dan pengabdian beliau menyelesaikan berbagai kasus yang berhubungan dengan nasib ribuan pedagang pasar dikota Bitung.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Kapolres datang dari Pedagang Pasar Winenet, Tamrin Bandu. Tamrin yang sehari-hari menjual sembako diwinenet menegaskan, campur tangan Kapolres dalam penyelesaian kasus pungutan liar yang melibatkan Tuan tanah, berhasil menyelamatkan ratusan pedagang dari intimidasi dan prilaku semena-mena tuan tanah pada 2022 silam.

” Pedagang pasar winenet berterimakasih kepada Kapolres, karena bertindak tegas dan mengawal proses hukum terhadap pelaku pungli hingga memiliki putusan pengadilan. Putusan tersebut melindungi ratusan pedagang, karena berhasil menghentikan praktek kesewenangan oknum-oknum tidak bertannggung-jawab kepada pedagang”, jelas Bandu yang juga dikenal sebagai ketua Komisariat Appsi Pasar Winenet.

Selain mengawal proses hukum hingga tuntas, Kapolres juga selama bertugas beberapa kali menghindarkan pedagang dari penyegelan sepihak. Kapolres bertindak tegas menghindarkan konflik pedagang dan tuan tanah, untuk memberikan kesempatan berusaha kepada ratusan pedagang dipasar Winenet.

” dulu kapolres ada turun tangan langsung membuka penyegelan oleh tuan tanah, dan mendorong penyelesaian hukum. Tindakan Kapolres waktu itu berhasil kase buka kios, supaya pedagang boleh berdagang lagi” jelas Bandu yang diiyakan sejumlah pedagang Winenet.

Sementara dipasar cita, Ucapan terimakasih disampaikan Djufri Marhaba kepada AKBP Alam Kusuma Irawan SIK SH MH, yang berkali-kali memberikan kesempatan Pedagang pasar Curhat masalah pasar kepada Kapolres. Marhaba yang juga ketua komisariat Appsi Pasar cita pusat kota mengatakan, salah satu prestasi Kapolres dipasar cita yaitu pelaksanaan relokasi pembangunan pasar yang berlangsung kondusif pada 2022 silam, dan terakhir pemberantasan pungutan liar berkedok Pam Swakarsa Pengamanan pusat kota.

” sikap antisipatif Kapolres dalam relokasi pasar cita, membuat kenyamanan berusaha tetap terjaga. Bahkan Polisi tegas tindaki oknum Pam Swakarsa, kong beking ratusan pedagang kanopi terhindar dari pungutan liar setiap hari “. Ungkap Marhaba.

Sementara dari Pasar Girian, sejumlah pedagang mengaku bersyukur atas tindakan pengamanan lokasi pasar, sehingga kini ratusan pedagang diwilayah tersebut tidak lagi berbayar kepada pihak manapun, sambil menunggu keputusan pengadilan atas sengketa lahan pasar. Ketua Komisariat APPSI Pasar Girian Risno Maninggolan mengatakan, Pedagang pasar saat ini dalam kondisi menunggu putusan pengadilan. Namun paling tidak, status qou dilokasi pasar, membuat pedagang terhindar dari penagihan dari pihak manapun yang tengah bersengketa.

” situasi aman dan kondusif dipasar Girian tidak terlepas dari peran kepolisian. Kapolres tentu pantas diberikan apresiasi” tandas Maninggolan.

Selain masalah lahan pasar, Menurut Maninggolan Kepolisian dibawah kepemimpinan Alam Kusum Irawan juga membantu beberapa persoalan pedagang. Terakhir hadirnya Babinkantibmas pada negosiasi, kesempatan berusaha 6 pedagang diwilayah swasta.

“atas peran Kapolres dan Jajarannya diwilayah masing2, 6 pedagang bisa melanjutkan aktivitas berdagang hingga usai Ramadhan”, Pungkas Maninggolan.

Seperti diketahui, Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma Irawan SIK SH MH akan mengakhiri masa tugasnya di Bitung, dan akan digantikan pejabat Baru. Kapolres Bitung diinformasikan melanjutkan tugas dan pengabdiannya keluar Sulawesi Utara. Tentu dalam tugas masih banyak catatan pro dan kontra, tapi paling tidak kinerja kapolres bermanfaat untuk ribuan pedagang, dan bukan hanya segelintir pedagang dengan unsur pribadi. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *