Agenda Paus Fransiskus Hari Ini, Bertemu Presiden Jokowi Dan Kunjungan Ke Gereja Katedral Jakarta

Mabes News.Com, Jakarta – Pemimpin Gereja Khatolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus, hari ini Rabu 4 September 2024, melakukan Kunjungan Kenegaraan Kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta.

Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.35 Wib, menggunakan mobil Kijang Innova zenix berwarna putih, dan langsung menuju halaman belakang Istana Merdeka dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam Keterangan Pers Usai Pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, bahwa dalam pembicaraan kedua Pemimpin Negara tersebut, Paus menyampaikan beberapa pesan penting kepada Presiden Jokowi, termasuk pesan perdamaian.

” Jadi sekali lagi, Paus menyampaikan pesan Perdamaian, pesan merayakan perbedaan, pesan saling menghormati, sementara Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut menyinggung soal agresi Militer di Palestina ” kata Retno Marsudi.

Dia juga menjelaskan, dalam pertemuan itu, Paus mengatakan, bahwa Indonesia dapat menjadi contoh bagi dunia, sebagai Negara yang mampu menciptakan kehidupan damai dalam keberagaman.

” Beliau mengakui Indonesia memiliki keragaman yang luar biasa, dan Paus juga mengaku terkesan dengan cara Indonesia merayakan perbedaan, dan beliau meminta Presiden Jokowi untuk menyampaikan salamnya kepada anak anak muda Indonesia, termasuk mereka yang turut menyambut kedatangannya di Istana Merdeka ” jelas Retno.

Lain dari itu, Retno Marsudi juga mengatakan, diakhir pembicaraannya dengan Presiden Jokowi, Paus tak lupa menyampaikan terimakasih, atas keramahtamahan yang diberikan oleh Masyarakat Indonesia selama kunjungannya

Sementara itu, sore hari tadi, Paus juga melakukan Kunjungan ke Gereja Katedral Jakarta untuk bertemu dengan Pemuka Agama Kristen Khatolik