Musyawarah Penyusunan APBG 2023 Desa Geudong- Geudong lancar dan Aman   

Pemerintah204 views

 

MABESNEWS.COM|Bireuen, Aceh – Musyawarah penyusunan Anggaran Perbelanjaan Belanja Gampong ( APBG ) 2023 Gampong Geudong -Geudong Kota Juang Bireuen yang dilaksanakan Sabtu (13/2) malam di Kantor Keuchik setempat lancar , aman dan sukses.

 

 

Pemaparan diawali dengan persentasi hasil Indeks Desa dan rencana anggaran desa 2023 dengan alokasi dana landasan usulan dari masyarakat sehingga usulan masyarakat disusun dengan skala prioritas .

 

 

Sementara Keuchik Fakhrial mangtakan bahwa , sesuai dengan UU Desa pasal 54, Forum musyawarah Desa wajib diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa ( Peutuha Peut) untuk mendiskusikan dan memutuskan hal-hal strategis desa.

 

Disebutkan, .ada hal strategis desa yang harus dibahas ketika muncul dan atau dibutuhkan desa seperti pendirian/pembubaran BUMDesa, pengelolaan/ pelepasan/ pemberian aset desa, kerja sama antar desa dan pembahasan RPJMDesa.

 

 

Selain itu ada masalah strategis yang harus dibahas secara  tahunan yaitu menetapkan prioritas  belanja desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan kegiatan tahunan dalam mewujudkan demokrasi berlandaskan musyawarah dimana keputusan-keputusan penting menyangkut kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh pemerintah desa melainkan oleh seluruh komponen masyarakat yang di

Wakili Peutuha Peut.

 

 

Menurut Keuchik musyawarah Perencanaan lebih teknis, yaitu menindaklanjuti prioritas belanja yang telah ditetapkan oleh Musyawarah Pembangunan menjadi lebih rinci seperti perhitungan teknis, rencana anggaran biaya dan jadwal.

Pelaksanaan kegiatan yang merupakan masusyawarah sebab Musrenbangdes merupakan domain pemerintahan desa (kepala dan perangkat desa), tentu saja dalam proses musrenbangdes pemerintahan desa tetap melibatkan BPD dan perwakilan kelompok masyarakat untuk menjamin mandat Musyawarah Desa diimplementasikan dalam perencanaan yang lebih teknis.

 

(Abdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *