Polresta Palangka Raya Buka Latpraops Mantap Brata Telabang Tahun 2023/2024

Polri359 views

 

MABESNEWS.COM, Palangka Raya – Kepolisian Resor Kota Palangka Raya, Polda Kalteng secara resmi membuka latihan pra operasi (latpraops) sebelum dimulainya Operasi Mantap Brata (OMB) Telabang Tahun 2023/2024 pada wilayah hukumnya.

Latpraops dipimpin oleh Wakapolresta, AKBP Andiyatna, S.I.K., M.H. bersama Kabagops, Kompol Ganda B. Napitupulu yang berlangsung di Aula Yusuf Suganda Polresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/10/2023) pagi.

Sebelum dimulainya kegiatan, Wakapolresta pun menjelaskan beberapa hal terkait pelaksanaan latpraops tersebut, yang diikuti oleh para personel Bintara hingga Perwira dari setiap perwakilan satuan fungsi (satfung) di kesatuan Polresta Palangka Raya.

 

“Latpraops ini kita laksanakan sebagai wujud persiapan untuk mengawali Operasi Mantap Brata atau OMB Telabang Tahun 2023 hingga 2024 dalam rangka pengamanan (pam) tahapan Pemilu Tahun 2024 di wilayah Kota Palangka Raya,” ungkap Wakapolresta.

AKBP Andiyatna menjelaskan, latpraops tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai dari Tanggal 13 hingga 15 Oktober Tahun 2023, yang akan diisi dengan rangkaian pemberian materi dan latihan teknis hingga praktik terkait tugas pam pemilu.

“Yakni mulai dari materi tentang rencana operasi, kirsus intelijen, administrasi pemilu, pelanggaran dan tidak pidana pemilu, tupoksi linmas, pengawalan, bintibluh, gakkumdu, patroli dan penjagaan, hingga pam objek penyelenggaraan pemilu,” jelasnya.

“Serta dilakukan juga latihan simulasi pam pemilu dan penanganan aksi damai dalmas (pengendalian massa) awal pada Tanggal 14 dan 15 Oktober, yang akan dilanjutkan dengan peragaan latpraops bersama Polda Kalteng pada Tanggal 16 Oktober,” lanjutnya.

Andiyatna pun berharap dengan digelarnya rangkaian kegiatan latpraops tersebut dapat mematangkan persiapan Polresta Palangka Raya beserta polsek jajaran dan Polda Kalteng untuk melaksanakan tugas pam tahapan Pemilu Tahun 2024.

“Sehingga tugas pam tahapan Pemilu Tahun 2024 pada wilayah Kalimantan Tengah maupun Kota Palangka Raya yang diamanatkan kepada kami dapat berjalan dengan optimal dan lancar, demi menjaga situasi kamtibmas selama pesta demokrasi berlangsung,” pungkasnya. (Bony)