Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Imuem Mukim/Keuchik di Kabupaten Bireuen

Pemerintah199 views

Mabesnews.com l Bireuen, Acara Sosialisasi Peningkatan kapasitas Imuem Mukim/Keuchik yang diselenggarakan Dinas Pertanahan Aceh melalui Bidang Penanganan Masalah, Pembinaan dan Penyuluhan Pertanahan bertempat di lantai 2 Chek Dun caffee Shop Kabupaten Bireuen, Kamis 20 September 2023.

Kegiatan itu dibuka oleh Kadis Dinas Pertanahan Kabupaten Bireuen, Mursyidi, S.H, M.M Peserta yang hadir pada acara tersebut terdiri dari unsur Dinas Pertanahan Aceh, Dinas Pertanahan Kabupaten Bireuen, Kantor Pertanahan Kabupaten Bireuen, serta forum mukim dan keuchik dengan jumlah 8 Imuem Mukim dan 22 Keuchik.

Dalam Sambutannya, Mursyidi menyampaikan para Imuem Mukim/Keuchik merupakan bagian dari Pemerintah yang memiliki tugas dan kewenangannya sendiri dalam mengontrol untuk menyelesaikan kasus serta permasalahan yang terjadi di Gampongnya.

“Imum Mukim dan Keuchik adalah bagian dari Pemerintah, dalam mengontrol dan mengawasi, juga memfasilitasi dan mediasi masalah baik itu sengketa dan lainnya” kata Mursyidi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang cara atau kiat dalam memfasilitasi dan mediasi suatu kasus pertanahan yang terdapat di Wilayah kerja/gampong masing-masing tempat mereka bertugas. Kegiatan sosialisasi ini sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di Kabupaten Bireuen.

Sementara Pemateri yang hadir pada kegiatan tersebut, M. Nizwar, S.H, M.H, selaku Kepala Bidang Penanganan Masalah, Pembinaan dan Penyuluhan Pertanahan Dinas Pertanahan Aceh, Mursyidi, S.H, M.M, Kadis Dinas Pertanahan Kabupaten Bireuen.

Dinas Pertanahan Aceh terus akan melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas Imuem Mukim/Keuchik ke beberapa kabupaten/kota yang lain, diharapkan dengan adanya acara kegiatan sosialisasi seperti ini kasus sengketa pertanahan dapat meminimalisir dan terselesaikan ditingkat Gampong. []