Buntut Camat Lapor Warga. Baginda : Pemerintah Jangan “pandang enteng” Orang Lembeh

Pemerintah188 views

Bitung _ Mabesnews.com

Bitung _  Seorang Warga Pulau Lembeh Selvie Kakambong terinformasi dilaporkan camat Lembeh Selatan karena diduga melakukan penyerobotan tanah. Kepala kecamatan melaporkan warga masyarakat itu ke kepolisian sektor Lembeh Selatan, karena diduga melakukan tindakan pidana penyerobotan atas lahan reklamasi dibibir pantai papusungan samping pasar Rakyat.

Menurut Selvie Kakambong, laporan penyerobotan sangat tidak berdasar, sebab lahan reklamasi tersebut dikerjakan Kakambong atas perintah Mantan Walikota Bitung Hanny Sondakh, lewat surat rekomendasi yang dibuat Lurah Papusungan ketika itu. Bahkan didalam surat tahun 2015 tersebut, ada perjanjian pemerintah dan Kakambong untuk menggantikan kerugian pengerjaan reklamasi.

” saya tidak menduduki tanah tersebut karena selama ini dimanfaatkan sebagai akses jalan. Tetapi rencana pembangunan jalan sekarang tidak menghargai surat rekomendasi pelaksanaan reklamasi oleh pemerintah setempat ” Beber Kakambong.

” saya sebenarnya hanya ingin biaya ganti rugi reklamasi diganti. Karena waktu menimbun tanah itu pake uang pribadi. Kenapa malah yang saya terima laporan Pidana Penyerobotan dari kepolisian ?? ” Tambah Kakambong.

Kakambong mengaku mengalami intimidasi dari pemerintah selama ini. Ruang dialog selalu saya kedepankan. Tetapi yang terjadi malah intimidasi dan Tekanan, seakan-akan ada materi kejahatan yang dilakukan.

” saya diperlakukan seperti penjahat oleh pemerintah. Padahal saya banyak membantu kebijakan pemerintah dipulau Lembeh” Kata Kakambong dengan sedih.

Kejadian yang menimpa Kakambong mendapatkan tanggapan dari Pemerhati Sosial Kota Bitung Darma Baginda. Mendengar kejadian yang menimpa Kakambong, Baginda yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat lembeh mengingatkan kepada Pemerintah agar jangan semena-mena dengan rakyat.

” ini yang selalu saya ingatkan. Pemerintah itu harus mengayomi, dan bukan arogan dan mengintimidasi. Ini bentuk intimidasi kepada rakyat kecil. Mohon Pemerintahan saat ini, jangan ” pandang enteng ” warga lembeh kwa”, tegas Baginda.

Menurut Baginda Walikota harus turun tangan menyikapi masalah ini. Sebab ini preseden buruk bagi pemerintahan MM-HH, karena pemerintah kecamatan melaporkan rakyatnya sendiri.

” sungguh miris kejadian ini. Cenderung memalukan dan merendahkan. Rakyat sendiri dilaporkan oleh pemerintah. Apalagi rakyat yang dimaksud ternyata sudah membantu pemerintah, sejak pemerintah2 sebelumnya”, Sesal Darma Baginda.

Baginda berharap masalah ini dituntaskan. Karena ada keringat masyarakat kecil yang mereklamasi pantai itu. Baginda sendiri menyatakan akan terus memantau perkembangan kasus ini dikepolisian. Sehingga Kakambong mendapatkan keadilan sebagai warga negara. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *