Bukit Asam (PTBA) Bawa Pulang Empat Penghargaan dari Global ESG Awards

MabesNews.com, Muara Enim – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sukses membawa pulang empat penghargaan dari ajang Global ESG Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (18/10/2024).

Keempat penghargaan tersebut, antara lain Platinum Award kategori Education and Awareness Program, Platinum Award kategori Renewable Energy Integration, Gold Award kategori Supporting Economically Weaker Sections, dan Gold Award kategori Terrestrial Biodiversity Conservation.

Suherman, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bukit Asam Tbk (PTBA), menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi ini.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen PTBA dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Apresiasi ini tentunya menjadi kebanggan bagi kami, sekaligus memotivasi kami untuk memberikan dampak positif yang lebih besar pada lingkungan dan masyarakat,” kata Suherman.

Dalam rangka mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), PTBA telah mengembangkan berbagai program untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Di bidang pendidikan, PTBA menjalankan berbagai program seperti Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba), Beasiswa Ayo Sekolah, Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka), Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Membaca (Gernas Tastaba).

Perusahaan pun melaksanakan berbagai program untuk peningkatan kemandirian ekonomi dan tingkat pendapatan riil dalam bentuk pembinaan usaha bagi para mitra binaan, khususnya pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di sekitar wilayah perusahaan.

Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, PTBA menjalankan program Eco Agrotomation yang mendorong budidaya tanaman berbasis otomasi ramah lingkungan untuk mendukung program penghijauan dan reklamasi di wilayah PTBA maupun perusahaan lainnya. PTBA juga mengembangkan irigasi pertanian berbasis pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk lahan pertanian tadah hujan di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“PTBA senantiasa berkontribusi secara aktif dalam pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat. Sejalan dengan Noble Purpose (Tujuan Mulia) PTBA sebagai anggota Grup MIND ID, yaitu pertambangan untuk membangun peradaban, menciptakan kesejahteraan dan masa depan yang lebih baik,” tegas Suherman.

 

Global ESG Awards diselenggarakan oleh Global Awards 2030 Limited, sebuah organisasi yang berbasis di Inggris dengan misi untuk mendorong agenda keberlanjutan dan transformasi rendah karbon. Pada tahun ini, Global ESG Awards diikuti oleh 35 perusahaan dari seluruh dunia. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, sekaligus memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan terdepan dalam mendukung SDGs.

Untuk Informasi lebih lanjut silakan menghubungi:

 

Niko Chandra

Corporate Secretary

PT Bukit Asam Tbk

[email protected]

www.ptba.co.id (Dd)