Disdik Madina Canangkan Pendidikan Berkarakter Dan Unggul 

MabesNews.com, Rahmad S.Pd Kepala Dinas Pendidikan ( Disdik) Kabupaten Mandailing Natal ( Madina), Sumut, mencanangkan program pendidikan berkarakter terhadap guru dan siswa, tujuannya dengan membentuk dunia pendidikan yang unggul menuju Mandailing Natal yang handal pada bidang sumber daya manusia ( SDM).

“Tentunya Program ini segera akan disampaikan kepada semua guru atau pendidik mulai dari tingkat SD maupun sekolah SMP diseluruh Kabupaten Mandailing Natal (Madina), ungkap Rahmad di ruang kerjanya, Rabu, (23/10/2024).

Rahmat menyebutkan pencanangan pendidikan karakter ini di wilayahnya termasuk pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter.Dia juga mengatakan berbagai upaya segera membentuk karakter anak didik sesuai dengan yang diharapkan. Semuanya harus kita perbaiki yang terkait dengan urusan pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) akan melakukan inovasi.

Dip juga, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pendidikan karakter seperti proses belajar mengajar, kita kawal melalui,korwil,pengawas sekolah yang bertugas di kecamatan mulai dari A sampai Z dan jangan hanya mereka mengawasi Modul saja, akan tetapi mengawasi kondisi proses belajar antara guru dan siswa serta peran kepala sekolah guru tenaga pendidik disetiap sekolah masing masing, tentu, dengan hal ini tujuannya untuk mengembangkan karakter guru maupun para siswa dan salah satunya terhadap disiplin dan ini nantinya diterapkan.

Dan seterusnya, kepala Dinas Pendidikan mengatakan, pendidikan harus sejalan dengan seluruh elemen guru dan orang tua di rumah. Nantinya akan ada penilaian yang dilakukan sesuai dengan nilai pembangunan karakter.

“Kepala sekolah maupun Guru yang mengajar, harus menjadi contoh. Artinya tidak hanya anak harus mengikuti perintah yang diberikan. Sebagai guru tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajar materi pelajaran saja. Sudah sepatutnya kita menyadari, bahwa peran guru dalam proses pembelajaran juga mencakup aspek sikap dan keterampilan sosial peserta didik.

Oleh sebab itu peran guru dan pembentukan karakter siswa amatlah penting” timpalnya.