Musyawarah Cabang Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kecamatan Kanor Digelar Hari ini.

MabesNews.com, Bojonegoro – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) merupakan suatu organisasi Otonom di Lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Hizbul Wathan ini, didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H atau tahun 1918 Masehi, atas Prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang juga sebagai Pendiri Muhammadiyah.

Arti dari Hizbul Wathan (HW) adalah Pembelajaran tanah air, dan Nama tersebut digunakan sebagai nama Gerakan Kepanduan dilingkungan Muhammadiyah

Ketua Kwarcab Terpilih Kepanduan Hizbul Wathan Kanor Muhamad Efendi M.Pd.I (Kanan) dan Sekretaris terpilih Imam Sholihin (Kiri)

Gerakan Kepanduan adalah sistim Pendidikan diluar keluarga dan sekolah, yang tujuannya untuk membentuk dan membina waak anak, remaja dan pemuda dengan metode yang menarik, menyenangkan dan menantang, serta dilaksanakan di alam terbuka.

Untuk diketahui, ada beberapa tingkatan didalam Kepanduan Hizbul Wathan ini, dimulai dari Usia 6 sampai 10 tahun yang dinamakan Athfal, kemudian jenjang usia 11 sampai 15 tahun yang dinamakan Pengenal, selanjutnya usia 16 sampai 20 tahun disebut dengan Penghela, sedangkan untuk jenjang ke empat yakni usia 21 sampai 25 tahun, yang disebut Penuntun.

Sejalan dengan Hal tersebut, hari ini, Sabtu 19 Oktober 2024, organisasi Kepanduan Hizbul Wathan Cabang Kanor Kabupaten Bojonegoro, melaksanakan Kegiatan Musyawarah Cabang, berempat di Pondok Pesantren Muhammadiyah Shidiq Al-Kautsar Desa Simbatan KecamatB Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Hadir dalam Kesempatan tersebut, para Pengurus Cabang Periode terdahulu, Pimpinan Cabang 13 PCM Kanor, Ketua Majelis Dikdasmen Drs Ahmad Zainul Arifin, para pengurus masing masing Qobilah dengan Jumlah peserta sebanyak 84 orang.

Acara Musyawarah Cabang tersebut dimulai pada pukul 09.00 Wib dan dibuka oleh Pimpinan 13 PCM Kanor Slamet M.Pd.I, yang diawali dengan

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Lagu Mars Muhammadiyah dan lagu Mars Hizbul Wathan.

 

Kegiatan Musyawarah Cabang Hizbul Wathan Kanor ini, diisi dengan beberala Sidang Pleno, diantaranya adalah Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus terdahulu, pembahasan program kerja mendatang, serta pembentukan Kepengurusan baru.

Terpilih dikesempatan tersebut, Ketua Kwartir Cabang HW Kecamatan Kanor Muhamad Efendi M.Pd.I dengan Sekretarisnya Imam Sholihin.

 

(Abdul Rosad)