Prajurit Brigif 3 Marinir Ikuti Pembekalan Malaria Dan HIV

MabesNews.Com, Sorong – Prajurit Brigif 3 Marinir mengikuti pembekalan tentang Malaria dan Human Immunodeficiency Virus (HIV)wilayah Sorong dari Tim Pusat Kesehatan TNI bertempat di Aula Yonif 11 Mar, Kesatrian Abraham Octavianus Atururi, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat Daya. Selasa (24/09/2024)

Kolonel Kes M. Washiludin, AR., SKM., MKKK (Kabidbangkes Puskes TNI) sebagai narasumber tentang Malaria. Malaria adalah penyakit menular, yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Di dalam tubuh manusia, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah.

Materi kedua diberikan oleh Kapten Laut (K/W) Kartini S.I.Kom., M.Si (Kaurbangmat Subbidmangat Bidbangkes Puskes TNI) sebagai narasumber tentang HIV (human immunodeficiency virus). HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Dalam pembekalan tersebut disampaikan bahaya dan cara pencegahan Malaria dan HIV, dengan adanya pembekalan ini dapat memberikan pengetahuhan dan kesadaran kepada seluruh prajurit Brigif 3 Marinir dalam upaya pencegahan malaria dan HIV serta pentingnya menjaga kesehatan.

Turut hadir Aspers Danpasmar 3 Kolonel Mar Deyna Hakim Galuh Tirtanegara, S.I.Kom., CRMP, Kasubbid Bangmat Sitoda Bidbangkes Puskes TNI Letkol Laut (K) Totok Mukti Cahyanto beserta tim Puskes TNI, Danyonkes 3 Mar Mayor Laut (K) drg. Snataka Pribadi Sp. KG dan Kasipamgal Brigif 3 Mar Mayor Mar Imam Agus Muhaimin serta Dankima Yonif 11 Mar Kapten Mar Sena Adji Putra Tan Imbiri.

 

Writer : ARPP